Daftar tempat wisata di Kabupaten Aceh Barat yang direkomendasikan berikut ini patut dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, yang sekarang ini sedang ” stay ” di Provinsi Aceh dan sekitarnya.

Pasalnya, sejumlah tempat wisatanya tersebut bagus-bagus, mulai dari tempat wisata alam hingga tempat wisata religi ada di kota yang menjadi ibukota bagi Kabupaten Aceh Barat di Provinsi Aceh ini.

Disamping itu, dibeberapa tempat wisatanya juga terdapat sejumlah spot yang sangat instagramable. Lantas, dimana saja tempat wisata di Meulaboh (Aceh) yang bagus untuk dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Pantai Lhok Geudong

Pantai indah ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Aceh Barat. Pantai ini terletak di desa suak indra puri, kecamatan johan pahlawan, Meulaboh Aceh Barat.

Pantai Lhok Geudong menawarkan suasana hijau yang berpadu dengan keindahan pantai dan kehidupan nelayan yang menambah pesona objek wisata ini.

Untuk fasilitas memang belum memadai, namun tetap saja pantai ini memiliki pesona yang luar biasa.

Pantai Lhok Bubon

Pantai ini terletak di Desa Bubon, Meulaboh Aceh Barat. Berjarak sekitar 8 kilometer dari ibukota kabupaten Aceh Barat, Meulaboh.

Pantai ini menjadi salah satu pantai dengan panorama indah. Pasir pantai berwarna kecoklatan berpadu dengan jernihnya air laut membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi.

Selain itu, masyarakat di sekitar pantai ini merupakan produsen makanan khas laut. Hal tersebut merupakan daya tarik tersendiri dari pantai ini.

Pantai Ujong Karang

Pantai yang terletak di Ujung Selatan Kota Meulaboh memiliki panorama yang eksotis. Lokasi tepatnya di Desa Suak Indrapuri, Johan Pahlawan, Meulaboh.

Pantai Ujung Karang memiliki panorama yang sangat indah. Pasir pantai yang berpadu dengan karang-karang membuat pantai ini menjadi lebih eksotis dan menarik.

Jika di sore hari Anda dapat menikmati indahnya matahari terbenam dengan birunya langit senja yang sangat indah.

Pantai Suak Ribee

Pantai Suak Ribee terletak di Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. Pantai ini merupakan sebuah pantai yang amat populer di Meulaboh.

Pantai ini merupakan tempat yang tepat untuk bersantai sambil menikmati kopi terbalik khas Aceh Barat. Objek wisata yang ramai dikunjung wisatawan ini memiliki fasilitas lengkap mulai dari cafe hingga penginapan.

Berkunjung ke Pantai Suak Ribee Anda akan merasakan suasan yang begitu tenang dan asri. Jadi tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas penat.

Masjid Agung Meulaboh

Nah, sesudah puas merasakan keindahan laut Meulaboh. Sekarang saatnya Anda mendatangi masjid kebanggan masyarakat Aceh Barat.

Masjid ini terletak di Jl. Imam Bonjol No.100, Drien Rampak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.

Masjid ini berdiri paling megah dan mempunyai arsitektur yang paling indah. Perpaduan Timur Tengah, Asia, dan Aceh serta pemilihan warna cokelat terang membuat Anda bakal merasa menyaksikan salah satu bangunan estetis yang terdapat di India.

Masjid yang dikelilingi taman yang begitu estetis ini, sejumlah kali menuai kontroversi sebab menurut keterangan dari sebagian masyarakat sebab terlihatnya simbol Yahudi atau bintang David pada kubah masjid. Namun, urusan tersebut telah teratasi dan diperbaiki.

Mengunjungi masjid ini Akan meningkatkan pengalaman wisata Anda sebab Anda akan menyaksikan salah satu masjid terindah yang dipunyai bumi serambi mekah.

Pantai Kasih

Pantai kasih adalahpantai lainnya yang mempunyai pesona yang amat indah. Pasir pantai yang putih ersih dipadukan dengan nyiur yang melambai terasa estetis berdiri menghadap samudera Hindia.

Objek wisata ini paling direkomendasikan saat Anda berangjangsana ke Meulaboh.

Pantai Batu Putih

Pantai ini terletak di pinggiran kota Meulaboh, kira-kira selama 3 kilometer dari pusat Kota.

Wisata  49 Tempat Wisata di Bogor Yang Viral dan Murah

Ketika hingga di pantai ini, Anda bakal disambut oleh deburan ombak dan hamparan pemandangan yang begitu indah. Pantai yang mempunyai khas batu putih yang bertebaran di pinggir pantai ini memiliki pesona tersendiri untuk wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Pantai Jilbab

Mendengar nama pantai ini, pastinya agak menarik ditelinga Anda. Pantai Jilbab suatu pantai yang terletak di Desa Palak Kerambil, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya.

Berjarak selama 4 kilometer dari ibukota Aceh Barat Daya Blangpidie melewati Jl. Meulaboh – Tapaktuan dengan masa-masa tempuh selama 15 menit. Jalan dalam situasi yang baik sampai-sampai perjalanan mengarah ke tempat wisata ini menjadi begitu menyenangkan.

Objek wisata ini disebutkan pantai jilbab sebab setiap pengunjung wanita yang berangjangsana ke pantai ini mesti memakai jilbab, cocok syariat islam yang berlaku.Sama laksana pantai lainnya di Aceh, pantai jilbab mempunyai pasir yang estetis dan luas sampai-sampai pengunjung dapat bebas bermain-main pasir dengan aman.

Pemandangan estetis pulau gosong dan samudera Hindia menciptakan Anda kerasan berlama-lama di pantai ini. Fasilitas berupa barisan pondok adalahtempat terbaik untuk para keluarga merasakan laut lepas dengan pemandangan pulau gosong.

Pantai estetis ini adalahtempat yang tepat untuk Anda yang hendak menikmati indahnya matahari terbenam. Setiap hari, Pantai Jilbab tidak jarang kali ramai dikunjungi semua muda mudi yang nongkrong ataupun semua keluarga yang hendak menikmati keadaan alami pantai yang estetis dan sopan tentunya.

Pemandian Krueng Baru

Pemandian Krueng Baru terletak di Kecamatan Lembah Sabil. Berjarak 27 kilometer dari ibukota Abdya Blangpidie, memakan waktu selama 40 menit perjalanan darat dengan ongkos sekitar Rp15.000 hingga dengan Rp20.000,.

Pemandian alami ini adalahsungai yang sangat estetis dengan bebatuan dan aliran air yang paling jernih. Memiliki kemudahan yang lumayan lengkap laksana cafe ataupun lokasi peristirahatan yang bisa memanjakan pengunjung.

Untuk merasakan pemandian in kita dapat menunaikan sebesar Rp5.000 sebagai ongkos retribusi dan parkir motor Rp2.000. Pemandian ini adalahsalah satu lokasi yang paling tepat guna Anda melepas lelah.

Pantai Wisata Ujong Ketapang

Pantai Ujong Ketapang ialah salah satu pantai estetis dengan pasir putih yang paling indah. Pantai ini adalahtempat yang paling tepat untuk merasakan sunset yang estetis dan menikmati suasana sore yang begitu romantis.

Taman Laut Ujung Manggeng

Ini dia di antara tempat terindah yang terdapat di Abdya. Taman nanhijau berpadu estetis berada dipinggir pantai. Objek Wisata pantai yang bertempat di desa Ujung Raja bisa diakses dengan 3 jam 19 mnt (165,5 km) lewat Jl. Meulaboh – Tapaktuan.

Suasana hijau dan alami taman ini memang menjadi surga untuk para wisatawan yang hendak menikmati keindahan tamana yang berada dipinggir pantai yang mempunyai luas 3 hektare ini. Biaya transportasi dari Blangpidie selama Rp60.000 hingga dengan Rp100.000, tergantung kendaraan apa yang kita gunakan. Keindahan alam yang benar-benar spektakuler dan memanjakan mata, bakal melepas rasa lelah Anda.

Pantai Ujung Manggeng

Pantai Ujong Manggeng adalahsalah satu tujuan unggulan yang begitu terjaga keindahan dan keasriannya. Pantai estetis ini adalahsalah satu primadona wisata bahari di Abdya.

Pantai estetis yang berpasir keabuan-abuan nampak begitu serasi dengan pepohonan cemara, kelapa serta rerumputan hijau yang tampak begitu bersih. Hembusan angin dan hempasan air laut menciptakan suasana pantai ini begitu nyaman.

Pantai Ujung Manggeng terletak di Desa Sejahtera, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya ini. Berjarak 386 kilometer dari pusat kota Banda Aceh memakan masa-masa tempuh selama 7 jam perjalanan. Sedangkan dari Blangpidie berjarak 18 kilometer dengan masa-masa tempuh selama 25 menit.

Dari ibukota kecamatan Manggeng, Anda mesti melanjutkan perjalanan sejauh 10 kilometer dengan situasi jalan paling mulus. Pantai yang eksotis ini, mempunyai pesona yang benar-benar luar biasa. Sayang rasanya, andai Anda lewatkan saat berada di Abdya.

Pulau Gosong

Pulau Gosong adalahsalah satu objek wisata yang paling populer di Abdya. Lokasi Pulau Gosong terletak di Kecamatan Susoh yang berjarak selama 4 kilometer dari Blangpidie.

Dari kota banda Aceh mengarah ke pulau ini memakan waktu selama 7 jam perjalanan. Saat Speed Boat menghampiri ke pulau ini, nampak estetis gradasi air laut dengan karang yang nampak jelas sebab air lautnya paling jernih.

Wisata  15 Tempat Wisata di Situbondo Jawa Timur Viral

Pulau estetis ini adalahpulau mungil dengan pasir putih yng berpadu estetis dengan pepohonan cemara. Terlihat begitu menakjubkan.

Untuk menyeberang ke Pulau Gosong dari dermaga Ujong Serangga berjarak selama satu mil dengan sewa speed boat selama Rp300.000 untuk sejumlah penumpang.

Beberapa terumbu karang tampak jelas berukuran lumayan besar. Beberapa ikan yang estetis dan menakjubkan laksana ikan nemo tampak cantik diantara terumbu karang yang indah.

Pulau Gosong pantas menjadi destinasi snorkeling untuk Anda pencinta keindahan bawah laut. Benar-benar layaknya sejengkal tanah surga yang jatuh ditengah lautan. Tak terlukiskan keindahannya.

Gua Seumancang Kuta Tinggi

Gua ini terletak di desa Babah Lhung kemukiman Kutatinggi yang berjarak 3,24 Km dari ibukota Kabupaten.

Gua eksotis ini memperlihatkan pesona estetis stalakmit dan stalaktit yang belum tersentuh dan terjamah buah pena tangan-tangan jahil manusia. Untuk Anda semua pencinta alam, paling sayang rasanya andai Anda tak mendatangi gua estetis yang satu ini.

Pemandian Putroe Ijoe

Pemandian Putroe Ijo ialah sebuah pemandian dengan keadaan asri yang dikenal masyarakat setempat Pucok Krueng. Pemandian ini terletak di di desa Alue Seulaseh, Kecamatan Jumpa. Berjarak selama 7 kilometer dari kota Blang Pidie dengan masa-masa temuh selama 10 menit perjalanan.

Pemandian Krueng Baru

Pada Aceh Barat terdapat pemandian yg terletak di Kecamatan Lembah Sabil yang menunjukkan pemandian air sungai yg jernih.

Tetapi tempat pemandian ini berada di lokasi terbuka sampai-sampai menghasilkan wisatawan tidak sahih-benar mandi namun melulu duduk pada bebatuan sembari bermain air.

Air sungai yang bening dipadu memakai pemandangan alam lebih tidak cukup yang asri pasti akan menjadi perpaduan nuansa alam yang sesuai untuk melepas penat. Lokasi objek wisata ini ada di Pucok Kreung, Lhoknga, Aceh besar.

Pemandian Putroe Ijoe

Bagi kamu yang hendak menyaksikan air terjun sembari bermain air maupun berendam maka silakan datang ke obyek wisata Pemandian Putroe Ijoe.

Saat berangjangsana ke pemandian ini, kamu tidak bakal dikenakan ongkos masuk alias gratis. Meskipun begitu wisatawan diizinkan bermain air sepuasnya sampai sore.

Tentunya pemandian ini mengindikasikan pemandangan alam yg masih paling alami dan dipadu memakai bebatuan besar yg ada pada sejumlah titik di pemandian. Lokasinya ada di Jl. Aneuk Laot, Balohan, Sukakarya, Kota Sabang.

Gua Seumancang Kuta Tinggi

Aceh Barat ternyata pula mempunyai obyek wisata goa yakni Gua Seumancang Kota Tinggi. Goa yang satu ini memang berada di tempat yang remenawan susah diakses karena akses jalan yg masih sulit.

Buat mempermudah perjalanan mengarah ke Gua Seumancang ini usahakan mintalah guna ditemani pembimbing lokal. Saat datang di gua ini maka kamu mampu menonton estetika gua yg masih alami.

Di dalam gua ada dekorasi stalagtit serta stalagmit yg paling unik dan dapat mengakibatkan bunyi saat diketuk. Tentunya wisata gua yang satu ini sangat sesuai buat kamu yang senang dengan tantangan.

Lokasi goa ini ada pada Desa Babah Lhueng, Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya.

Perkebunan Sawit Babahrot

Obyek wisata yg satu ini menjadi donatur devisa terbesar bikin Aceh karena yang bakal terjadi perkebunan ini yang paling melimpah.

Tak heran Jika sejumlah saat lantas perkebunan kelapa sawit ini sempat menculik perhatian sebab menyerahkan honor yang paling akbar untuk karyawannya.

Namun bikin wisatawan yg ingin berangjangsana ke kebun kelapa sawit ini tidak perlu menunaikan tiket masuk. Bahkan pengunjung jua dapat melihat secara individu proses pengolahan sawit hingga pada ekspor ke luar negeri.

Lokasinya terdapat pada Lhok Gayo, Kecamatan Babahrot, Aceh Barat Daya.

Krueng Babahrot

Obyek wisata yang satu ini menunjukkan Sungai yg menawan dan memanjang mengalir dari pegunungan hijau. Sehingga air berasal aliran sungai ini memang begitu higienis dan terasa sejuk.

Air sungai tadi lantas mengalir serta mengarungi jembatan panjang krueng babahrot. Tentunya pemandangan pada obyek wisata Krueng Babahrot ini sangatlah estetis dan memesona dengan hidangan alam yang masih paling asri.

Wisata  9 Tempat Wisata Religi Islami yang Viral di Indonesia

Luas Krueng Babahrot ini tidak cukup lebih 8,lima hektar serta sudah dilengkapi menggunakan kemudahan yg lumayan lengkap mulai berasal lokasi tinggal makan, kantin dan ragam macam kemudahan penunjang lainnya.

Lokasi Krueng Babahrot yg terletak diantara Gampong Pante rakyat dan Gampong Pante Cermin, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya)

Pucok Krung Ale

Kabupaten Aceh Barat pula mempunyai area wisata yang bernuansa pegunungan yang terletak pada Gampong Alue Seulaseh, Jeumpa pun, Aceh Barat.

Umumnya wisatawan yg datang ke obyek wisata ini jua asal dari ragam macam distrik di samping asal Aceh Barat. Pada Pucok Krung Ale ini wisatawan dapat bersantai pada bawah pohon yg rindang sembari menyaksikan pemandangan sungai.

Tidak sporadis poly pengunjung yg mandi pada sungai karena air sungainya yg higienis serta ada bebatuan yang menyusun seperti kolam. Keindahan Pucok Krung Ale ini memang dapat menjadi magnet untuk wisatawan khususnya waktu hari cuti tiba.

Lokasi area rekreasi ini ada di Lhoknga, Aceh besar .

Pantai Ujung Serangga / Kuala Kutang

Pada sekitaran pantai telah tersedia kemudahan yang cukPantai Kuala Kutang adalahsebuah pantai yang berada pada Desa Ujung Serangga. Pantai ini menyerahkan pemandangan alam yg memesona serta dipadu dengan kegiatan nelayan selama yang meningkatkan perbedaan arti pantai yg semakin kental.

up menyeluruh mulai berasal lokasi tinggal makan sampai café-café yang berderet pada sepanjang jalan.

Lokasi pantai ini terdapat di Ujung Serangga, Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya)

Tugu Batei Puteh

Tugu yg satu ini sedang di samping Suak Ujong Kalak atau Pasir Putih yg di bina kesatu kali oleh Belanda.

Pembangunan tugu ini bertujuan bikin menandai tempat tertembaknya Teuku Umar meskipun jasadnya belum ditemukan sampai Indonesia Merdeka.

Nama Tugu Batei Puteh ini menurut di bentuk mula yg di bina Belanda yang berwarna putih. Namun karena terkena banjir hingga tsunami sejumlah waktu lantas maka bangunan ini kesudahannya bergeser di tengah laut.

Letak tugu ini kini berada pada lurus selama 200 meter berasal tugu Kupiah Meukuetop yg sudah dibangun setelah terjadinya tsunami.

Sedangkan bikin Tugu Kupiah Meukeutop ini merupakan letak bekas bangunan tugu Parasanya Purna Karya menjadi tugu Adi Pura yang sudah didapatkan Aceh Barat masa-masa masa pemerintahan Bupati Teuku Rusman.

Tugu Perjuangan Tuengku Peukan

Tempat wisata sejarah yang satu ini mempunyai cerita sejarah yg remenawan unik untuk disimak. Tugu perjuangan Tengku Pekan merupakan sebuah tugu yg di bina buat memperingati Tengku Peukan yang sudah mangkat di tanggal 11 September 1926.

Tewasnya Tengku Peukan ini terjadi saat penyerangan ke Bivak atau Tangse Belanda yang kala tersebut terjadi pada Blangpidie. Perlu kamu ketahui bahwa Tengku Peukan ialah seorang ulama yang paling berperangaruh sekaligus pejuang kebebasan yg pantang menyerah.

Air Terjun Gampong Pungkie

Waktu berada pada air terjun ini, kamu bisa merasakan air terjun yang paling menawan serta dibungkus menggunakan udara sejuk yang terasa paling alami. Tentunya keindahan air terjun yang satu ini laksana surga yg tersembunyi.Aceh Barat memang tiada habisnya mengindikasikan wisata alam tergolong keliru satunya dengan kata lain Air Terjun Gampong Pungkie. Obyek wisata alam yang satu ini terletak pada Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat.
Buat mengarah ke ke tempat air terjun, wisatawan memang mesti berlangsung kaki terlebih dahulu melalui hutan yg jaraknya lebih tidak cukup 300 meter.

Namun rasa lelah pada perjalanan bakal terbayarkan memakai keindahan air terjun yang remenawan deras. Selain tersebut air yg jatuh berasal air terjun ini pun terasa sejuk dan dingin sampai-sampai akan mengucapkan pengalaman yg berkesan.

Danau Geunang Geudong

Daerah wisata pada Aceh Barat berikutnya adalahDanau Geunang Geudong yg masih termasuk baru. Objek wisata alam ini terletak di Desa Putim, Kecamatan Kaway XVI yang jaraknya selama 20 km berasal sentra Kota Meulaboh.

Pada bahasa Aceh, Geunang Geudong berarti “Genangan Air yg besar ” dan nama asal telaga ini memang mendeskripsikan format danau yg serupa cekungan raksasa.

Beritahu Teman