Paket Wisata Bogor Jungleland Kebun Raya

Paket Wisata Bogor Jungle Land Kebun Raya detail Avanza Rp 650.000 (include makan supir, bensin, belum termasuk parkir dan tol) kapasitas 6 orang full day,

Wisata JungleLand

Bosan dengan liburan dirumah saja? Butuh sesuatu guna memacu adrenalin atau meningkatkan wawasan? Mending ke JungleLand Adventure Theme Park yang bakal kita kupas dibawah ini

Taman bermain yang dimulai tahun 2013 ini mesti dikunjungi bila sedang wisata di Bogor. Berdiri di atas lahan seluas 35 ha, terdapat 37 wahana seru di dalamnya yang terbagi dalam 4 zona utama.

Dari ke-37 wahana tersebut, ada sejumlah yang tidak dapat ditemukan di taman bermain lainnya di Indonesia. Ada pun yang dianggap sebagai wahana tertinggi di negeri kita tersayang ini.

Ada Apa Aja di JungleLand Adventure Theme Park?

Secara umum, 37 wahana di JungleLand Adventure Theme Park dipecah dalam 4 zona utama. Di samping itu, masih terdapat spot beda yang tak kalah seru guna dikunjungi laksana Science Center dan Downtown.

  1. Zona Carnivalia

Ada 15 wahana seru di zona ini. Antara beda Daytona, Bumper Car, Air Race, 3 Point Basketball, Flight Academy, Kiddy Land, Discovery, Disk’O, Mini Drop, Haunted House, Ferris Wheel, Rainbow Train, Midway Games, Mini Swinger, serta Carousel.

Dari ke-15 wahana ini, Discovery, Disk O, Air Race, Ferris Wheel, dan Flight Academy paling sayang guna dilewatkan. Discovery, Disk O, serta Air Race khususnya sangat sesuai buat semua pemberani

Disk’O

Seperti namanya, Disk’O berbentuk lempengan bundar laksana piring raksasa. Wahana yang pun disebut sebagai Disko ini baru kesatu kali terdapat di Indonesia.

Kamu akan disuruh duduk di atasnya bareng para pengunjung lain. Lalu, piringan berputar 360° sambil dibuai ke kiri ke kanan sampai mencapai elevasi 15 m. Super seru, menegangkan, dan pastinya, akan menciptakan perutmu serasa dikocok-kocok.

Air Race

Air Race atau Hihibeuran pun baru kesatu kali terdapat di negeri anda tercinta. Meski bentuknya imut laksana pesawat mini, tidak boleh pernah remehkan wahana di JungleLand Bogor ini.

Awalnya sih, pesawat melulu berjalan pelan. Namun perlahan, pesawat bakal bergerak ke kiri kanan, kemudian mulai melambung ke atas. Gerakan pun kian cepat sampai akhirnya berputar 360° ke atas bawah seraya berevolusi mengelilingi poros.

Discovery

Dikenal pun sebagai Petir, anda akan diayun-ayun di atas bandul raksasa dengan elevasi lebih dari 20 m dan kemiringan 102°. Ngeri dan pasti buat jantung deg-degan!

Ferris Wheel

Capek teriak-teriak dan perlu wahana di JungleLand Bogor yang lebih kalem? Naik aja Ferris Wheel yang dianggap sebagai wahana tertinggi di Indonesia. Kita bakal disuguhi pemandangan estetis Gunung Pancar dan Sentul dari elevasi 45 m.

Ferris Wheel bisa dinaiki anak-anak hingga dewasa. Tapi, guna anak-anak dengan tinggi tidak cukup dari 110 cm, mesti didampingi oleh orang dewasa.

Flight Academy

Ingin belajar jadi pilot dan menikmati sensasi mengendalikan pesawat? Jajal aja Flight Academy, wahana simulasi guna menerbangkan pesawat Boeing, Airbus, Helikopter, dll.

Sensasi mengendalikan pesawat mulai dari lepas landas sampai mendarat dapat kita rasakan di sini. Tak butuh khawatir bila kamu benar-benar buta soal penerbangan. Pasalnya, terdapat instruktur kawakan yang siap mendampingi.

Tak melulu sekedar bermain, kamu pun akan mendapatkan keterangan tentang sekian banyak  macam instrumen dalam kabin. Ada pun film dokumenter mengenai penerbangan yang unik untuk disimak dan akan meningkatkan pengetahuanmu.

  1. Zona Tropicalia

Zona ini lebih diutamakan untuk anak-anak. Namun, ada sejumlah yang dapat dinaiki bareng orang dewasa. Cocok guna yang sedang berwisata family dengan anak-anak kecil.

Ada pun versi mini dari sejumlah wahana di zona lain, salah satunya Mini Bumper Car. Jadi, anak-anak dapat bermain lebih aman tanpa cemas tertabrak orang dewasa.

Masih terdapat lagi wahana beda di zona ini. Yaitu Convoy 6, Happy Swing, Harvest Time, Happy Train, Mini Ferris Wheel, North Pole, Ship Adventure, Texan Train, Water Flume, serta Wave Swinger

  1. Zona Mysteria
Wisata  Paket Wisata Bogor Bandung Kota Area

Di Zona Mysteria, terdapat wahana seru nan menarik untuk anak-anak laksana Magic Bike dan Jump Around. Di Magic Bike, sepeda yang digenjot akan “terbang” ke udara. Sementara itu, Jump Around berupa mobil yang melompat-lompat seraya mengelilingi poros.

Buat orang dewasa, kamu dapat naik Mega Drop alias Sarang Burung Berang. Seru sekaligus menegangkan banget, sebab kamu akan diangkat dan dijatuhkan dari elevasi 38 m. Mantap, kan?

Sementara itu, di Boat Blaster kita dapat perang air melawan kapal lain. Di samping itu, masih terdapat Fire Pots, Jeep Tour, Hydrolift, serta Raraftingan yang nggak kalah asik.

  1. Zona Explora

Di zona utama terakhir, masih terdapat 3 wahana di JungleLand Sentul Bogor seru lainnya. Antara beda Octopus, Safari Dino, serta Animal Corner.

Octopus ini nggak kalah buat deg-degan dibanding Mega Drop, Disk’O, atau Petir. Bayangin aja anda sedang berlayar, tiba-tiba ketemu gurita raksasa yang marah dan mengusung perahumu ke elevasi 10 m, kemudian membolak-balikkannya sampai 360°.

Sementara itu, Safari Dino bakal mengajakmu pulang ke jutaan tahun lalu ketika dinosaurus masih menguasai bumi. Di sini, disediakan jeep guna mengantarmu menjebol hutan seraya melihat sekian banyak  jenis dinosasurus. Hmm… jadi berasa terdapat di film Jurrasic World.

Animal Corner sendiri menampilkan sekian banyak  koleksi hewan unik. Cocok untuk semua pecinta reptil, musang, burung hantu, atau hewan-hewan menarik lainnya.

  1. Science Center

Anak-anak susah diajak belajar? Bawa aja ke Science Center. Mereka nggak cuma sebatas diberi pengetahuan, namun juga ditunjukkan alat peraga sampai-sampai ilmu dapat diserap dengan lebih baik.

Di unsur Climate Change misalnya, akan diperlihatkan proses evolusi cuaca dan pemanasan global. Ada pun robot-robot fauna dengan sekian banyak  ukuran yang dapat bergerak seperti fauna aslinya.

Di samping itu, ada sejumlah permainan sains seru di lokasi wisata anak edukatif ini. Salah satunya, kita dapat menggerakkan bola tanpa menyentuhnya. Bukan ilmu hitam, ternyata bola ini telah dipasangi perangkat penangkap sensor saraf di tubuh.

Hmm… bila ini sih bukan cuma mengasyikkan buat anak-anak ya. Kita orang dewasa juga dapat belajar tidak sedikit dari lokasi ini. Jadi, nggak usah ragu ke sini walau lagi nggak sama anak-anak.

  1. Downtown

Downtown sebetulnya adalahpusat kuliner JungleLand Bogor. Tapi, konsep uniknya ala hutan rimba pun menjadikannya lokasi asik guna nongkrong serta sesuai sebagai spot foto.

Di dalamnya tersedia sejumlah restoran ternama sekaligus familiar di Indonesia. Jam operasionalnya hingga 20.00 WIB sampai-sampai kamu dapat agak santai di sini. Asiknya lagi, sering diselenggarakan live music tiap dua minggu sekali pada hari Sabtu malam.

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk JungleLand Sentul Bogor

Kalau hendak main ke JungleLand Adventure Theme Park, terdapat baiknya anda datang agak pagi supaya bisa puas bermain di tidak sedikit wahana. Pasalnya, lokasi ini tidak buka hingga malam hari.

Senin hingga Jumat, JungleLand Sentul Bogor melulu buka pukul 10.00 – 17.00 WIB. Sedangkan di akhir pekan dan hari libur, bakal buka lebih lama, yaitu dari 10.00 – 18.00 WIB.

Harga tiket masuknya Rp165.000 di hari biasa dan Rp220.000 di akhir pekan. Sementara itu, ketika musim liburan tiketnya naik menjadi Rp250.000.

Seperti Taman Safari Bogor, tiket ini mempunyai sifat terusan sampai-sampai kita dapat langsung memainkan nyaris semua wahana di dalamnya tanpa perlu melakukan pembelian tiket lagi.

Hanya satu wahana yang membutuhkan tiket tersendiri. Yakni Flight Academy yang bakal mengajakmu menikmati sensasi menerbangkan pesawat terbang.

Kalau inginkan lebih irit lagi, terdapat tiket annual pass ekuivalen Rp500.000. Dengan tiket ini, kamu dapat memainkan wahana wahana di JungleLand Bogor sepuasnya sekitar setahun.

Wisata  Paket Wisata Bogor Pelabuhan Ratu

Tips Wisata di JungleLand Bogor

Persiapan yang baik dapat menolong memperlancar wisata dan perjalananmu. Oleh sebab itu, tak terdapat salahnya anda mengikuti tips-tips di bawah ini.

  • Meski secara umum Sentul merupakan area berhawa sejuk, udara JungleLand Bogor sendiri tergolong lumayan panas. Terlebih, banyak sekali wahana di JungleLand Sentul Bogor sedang di luar ruangan alias outdoor. Jadi, pakailah sunblock supaya kulit tidak gampang gosong terpapar sengatan sinar matahari.
  • Sinar matahari terik ini pun akan membuatmu gampang berkeringat. Pakailah baju yang gampang menyerap keringat serta bersirkulasi udara baik.
  • Jangan lupa membawa baju ganti sebab ada sejumlah wahana di JungleLand Sentul Bogor yang bakal membuatmu basah kuyup seperti berakhir main di air terjun.
  • Kalau inginkan aman, mainlah di wahana kering dulu baru basah-basahan.
  • Meski udaranya panas, tidak boleh lupa untuk membawa payung guna berjaga-jaga andai hujan turun sewaktu-waktu.
  • Usahakan datang awal supaya bisa puas merasakan wahananya. Karena andai hujan turun, sejumlah wahana di JungleLand Bogor tidak bakal dioperasikan demi keselamatan pengunjung.
  • Karena kamu akan sering wara-wiri kesana kemari, pakailah sepatu yang nyaman di kaki.
  • Bawa minuman dari rumah. Naik wahana pemacu adrenalin dapat membuatmu cepat haus sebab sering berteriak. Sementara, air minum di sana dipasarkan dengan harga mahal.
  • Rajin-rajin cek website resmi atau googling soal promo JungleLand Adventure Theme Park. Sering terdapat promo dengan potongan harga cukup lho, jadi tidak boleh sampai kelewatan.
  • JungleLand Sentul Bogor sering menyelenggarakan karnaval guna merayakan event-event tertentu laksana malam tahun baru, HUT NKRI, atau liburan sekolah. Jangan hingga ketinggalan event seru ini.
  • Perhatikan riwayat kesehatan, terutama untuk pemilik gangguan jantung. Jangan memaksakan diri naik wahana di JungleLand Sentul Bogor yang bisa memacu adrenalin andai memang tak kuat

Sejarah Kebun Raya Bogor

Peperangan yang terjadi di Eropa mengakibatkan Belanda merasakan kelesuan, Kerajaan Belanda juga mengembangkan ilmu pengetahuan, maka dikirimlah Cornelis Theodorus Elout, dan G.A.G.P. Baron van der Capellen ke Indonesia dengan Prof. Caspar George Carl Reinwardt selaku penasehat berkebangsaan Jerman yang beralih ke Belanda, yang lantas pada tahun 1816 diusung menjadi Direktur Pertanian,

Seni, dan Pendidikan guna Pulau Jawa. Reinwardt langsung mengawali riset dalam bidang ilmu tumbuh-tumbuhan, Ia tertarik menyelidiki sekian banyak  tanaman yang dipakai untuk penyembuhan dan memandang eksplorasi tanaman dan masalah pertanian pun adalahtugasnya di Hindia Belanda. Kemudian Ia menyimpulkan untuk mengoleksi semua tumbuhan ini di suatu kebun botani di dekat halaman Istana Bogor yang sebelumnya didiami oleh Letnan-Gubernur Thomas Stamford Raffles bareng isterinya Olivia Mariamne Raffles sekitar masa pergantian dari Pemerintah Inggris ke Kerajaan Belanda di Pulau Jawa pada tahun 1811 hingga 1816.

Melalui pertolongan seorang berpengalaman botani William Kent, lahan yang tadinya adalahhalaman Istana Bogor dikembangkan menjadi suatu kebun yang cantik. Raffles menyulap halaman istana menjadi taman bergaya Inggris klasik. Inilah mula mula Kebun Raya Bogor dalam bentuknya yang sekarang. Pada tanggal 15 April 1817 Reinwardt mencetuskan usulan untuk menegakkan kebun botani untuk Gubernur Jenderal G.A.G.P. Baron van der Capellen, usulan tersebut lantas disetujuinya. Akhirnya, tanggal 18 Mei 1817, Gubernur Jenderal G.A.G.P. van der Capellen secara resmi menegakkan sebuah Kebun Raya di Kota Bogor, yang saat tersebut disebut Buitenzorg (dari bahasa Belanda yang berarti “tidak butuh khawatir”), dengan nama ’s Lands Plantentuin te Buitenzorg.

Pendiriannya dimulai dengan menancapkan buaian cangkul kesatu di bumi Pajajaran sebagai pertanda dibangunnya pembangunan kebun itu, yang pelaksanaannya dipimpin oleh Reinwardt sendiri, ditolong oleh James Hooper dan W. Kent kurator Kebun Botani Kew yang familiar di Richmond, Inggris. Sekitar 47 hektar tanah di dekat Istana Bogor dijadikan lahan kesatu guna kebun botani. Reinwardt menjadi pengarah kesatunya dari 1817 hingga 1822.

Wisata  Paket Wisata Bogor Baduy Luar Banten

Kesempatan ini digunakannya untuk mengoleksi tanaman dan embrio dari bagian beda Nusantara. Dengan segera Bogor menjadi pusat pengembangan pertanian dan hortikultura di Indonesia. Pada masa itu diduga sekitar 900 tumbuhan hidup ditanam di kebun tersebut. Reinwardt pun menjadi cikal bakal di bidang penciptaan herbarium. Ia lantas dikenal sebagai seorang pendiri Herbarium Bogoriense. Pada tahun 1822 Reinwardt pulang ke Belanda dan digantikan oleh Dr. Carl Ludwig Blume yang mengerjakan inventarisasi tumbuhan koleksi yang tumbuh di kebun. Ia pun menyusun katalog kebun yang kesatu sukses dicatat sejumlah 912 jenis (spesies) tanaman. Pelaksanaan pembangunan kebun ini pernah terhenti sebab kekurangan dana tetapi lantas dirintis lagi oleh Johannes Elias Teijsmann (1831), seorang berpengalaman kebun istana Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch.

Dengan ditolong oleh Justus Karl Hasskarl, ia mengerjakan pengaturan penanaman tumbuhan koleksi dengan mengelompokkan menurut keterangan dari suku (familia). Ini adalahsebuah banting tulang dimana beberapa koleksi Kebun Raya Bogor mesti ditanam ulang dan memindahkan sejumlah pohon yang terlampau besar, memberi label merah guna menandai tanggal penanamannya yang masih bisa Anda lihat sekarang. Selama masa jabatannya, Teijsmann sukses membawa ribuan spesies tanaman ke Kebun Raya Bogor dari perjalanan-perjalanannya ke sekian banyak  negara.

Dan atas jasanya, pihak Kebun Raya Bogor menyerahkan penghargaan berupa tugu peringatan di Taman Tijsmann dengan 4 spesies pohon jati dan verbena dari marga Teijsmaniodendron dipungut dari namanya. Teijsmann lantas digantikan oleh Dr. Rudolph Herman Christiaan Carel Scheffer, pada tahun 1867 ia menjadi direktur dan digantikan oleh Prof. Dr. Melchior Treub. Setahun lantas pada tanggal 30 Mei 1868 Kebun Raya Bogor secara sah terpisah kepengurusannya dengan halaman Istana Bogor.

Pada awalnya kebun ini melulu akan dipakai sebagai kebun percobaan untuk tanaman perkebunan yang bakal diperkenalkan di Hindia Belanda. Namun pada perkembangannya pendirian Kebun Raya Bogor dapat dikatakan memulai perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia dan sebagai wadah untuk ilmuwan khususnya bidang botani di Indonesia secara terorganisasi pada zaman tersebut (1880 – 1905).

Dari sini lahir sejumlah institusi ilmu pengetahuan lain, laksana Bibliotheca Bogoriensis (1842), Herbarium Bogoriense (1844), Kebun Raya Cibodas (1860), Laboratorium Treub (1884), dan Museum dan Laboratorium Zoologi (1894). Setelah kemerdekaan, tahun 1949 ‘s Lands Plantentiun te Buitenzorg berganti nama menjadi Jawatan Penyelidikan Alam, lantas menjadi Lembaga Pusat Penyelidikan Alam (LLPA) guna kesatu kalinya dikelola dan dipimpin oleh bangsa Indonesia, Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo. Pada waktu tersebut LPPA punya 6 anak lembaga, yakni Bibliotheca Bogoriensis, Hortus Botanicus Bogoriensis, Herbarium Bogoriensis, Treub Laboratorium, Musium Zoologicum Bogoriensis dan Laboratorium Penyelidikan Laut.

Pada tahun 1956 guna kesatukalinya pimpinan Kebun Raya dipegang oleh bangsa Indonesia yakni Sudjana Kassan menggantikan J. Douglas. Terkait dengan pengembangan koleksi tumbuhan yang cocok dengan iklim di Indonesia, Kebun Raya Bogor membangun sejumlah cabang kebun raya lainnya: Kebun Raya Cibodas (Bergtuin te Cibodas, Hortus dan Laboratorium Cibodas) di Jawa Barat. Luasnya 120 hektar berada pada elevasi 1400 mdpl, didirikan oleh Johannes Elias Teijsmann tahun 1866, memiliki koleksi tumbuhan khas dataran tinggi beriklim basah wilayah tropis dan sub-tropis. Tahun 1891 Kebun ini dilengkapi dengan Laboratorium guna Penelitian tumbuhan dan fauna.Kebun Raya Purwodadi (Hortus Purwodadi) di Jawa Timur. Luasnya 85 hektar berada pada elevasi 250 mdpl, didirikan oleh Van Sloten tahun 1941, memiliki koleksi tumbuhan khas dataran rendah beriklim kering wilayah tropis.Kebun Raya “Eka Karya” Bedugul-Bali didirikan tahun 1959 oleh Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo. Luasnya 159,4 hektar berada pada elevasi 1400 mdpl, memiliki koleksi tumbuhan khas dataran tinggi beriklim kering.

Spread the love

Anda mungkin juga suka...

Open chat
Ingin Bertanya?