Paket Wisata Bogor Tangkuban Perahu Ciater

Paket Wisata Bogor Tangkuban Perahu Ciater – Avanza Rp 1.100.000 (include makan supir, bensin, belum termasuk parker dan tol) kapasitas 6 orang full day

Wisata Tangkuban Perahu

Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu ialah  salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah unsur  utara  Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Perahu mempunyai elevasi  setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini ialah  Stratovulcano dengan pusat erupsi yang beralih  dari unsur  timur  ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melewati  letusan kebanyakan ialah  lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan ialah  sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan ketika  gunung tidak aktif ialah  uap belerang. Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya ialah  17C pada siang hari dan 2C pada malam hari. Karena suhunya yang dingin, pada saat berangjangsana  ke lokasi  wisata ini tidak boleh  lupa untuk membawa   sweater dan jaket Anda.

Gunung Tangkuban Perahu mempunyai area  hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Gunung Tangkuban Parahu ini tergolong  gunung api aktif yang statusnya dipantau  terus oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa kawahnya masih mengindikasikan  tanda tanda keaktifan gunung ini. Di antara tanda kegiatan  gunung berapi ini ialah  munculnya gas belerang dan sumber-sumber air panas di kaki gunungnya, di antaranya ialah  di kasawan Ciater, Subang. Gunung Tangkuban Parahu pernah merasakan  letusan kecil pada tahun 2006, yang mengakibatkan  3 orang luka ringan.

Keberadaan gunung ini serta format  topografi Bandung yang berupa cekungan dengan bukit dan gunung di masing-masing  sisinya menguatkan teori eksistensi  sebuah danau  besar yang sekarang  merupakan area  Bandung. Diyakini oleh para berpengalaman  geologi bahwa area  dataran tinggi Bandung dengan elevasi  kurang lebih 709 m di atas permukaan laut adalah sisa dari telaga  besar yang terbentuk dari pembendungan Ci Tarum oleh letusan gunung api purba yang dikenal sebagai Gunung Sunda dan Gunung Tangkuban Parahu adalah sisa Gunung Sunda purba yang masih aktif. Fenomena laksana  ini dapat disaksikan  pada Gunung Krakatau di Selat Sunda dan area  Ngorongoro di Tanzania, Afrika. Sehingga legenda Sangkuriang yang merupakan kisah  masyarakat area  itu dipercayai  adalah sebuah arsip  masyarakat area  Gunung Sunda Purba terhadap peristiwa pada ketika  itu.

Tak laksana  gunung berapi lainnya, puncak Gunung Tangkuban Perahu ini berbentuk memanjang dan serupa  sebuah perahu yang terbalik. Pada lereng gunung pun  ada  hamparan perkebunan teh yang menciptakan  Anda hendak  berlama-lama merasakan  keindahannya.

Letusan gunung yang terjadi mengakibatkan  munculnya kawah-kawah di dekat  gunung ini. Dari sejumlah  kawah yang dimiliki, terdapat  tiga kawah yang sangat  terkenal di Gunung Tangkuban Perahu antara lain:

  • Kawah Upas
  • Kawah Domas
  • Kawah Ratu.
Wisata  Paket Wisata Bogor Taman Bunga Nusantara Kebun Raya Cibodas Pangrango

Di samping  tiga kawah tersebut, terdapat  lagi yang unik  dari Gunung Tangkuban Perahu, yakni  Pohon Manarasa. Pohon yang tidak sedikit  tumbuh di dekat  tempat wisata ini memiliki  daun berwarna merah dan andai  dimakan rasanya serupa  dengan daun jambu. Berdasarkan keterangan dari  warga sekitar, daun pohon ini dapat  mengobati diare. Uniknya, mereka pun  percaya bahwa daun ini juga dapat  membuat tahan lama  muda. Dayang Sumbi diandalkan   selalu santap  daun ini, sampai-sampai  ia tetap cantik dan tahan lama  muda.

Tempat wisata yang satu ini pun  seringkali dijadikan tempat  pemotretan untuk potret  prewedding, iklan komersil dan pun  pengambilan gambar guna  film.

Jika kita  belum puas merasakan  keindahan Gunung Tangkuban Perahu dalam satu hari, kita  juga dapat  bermalam dan melanjutkan keesokan harinya. Di selama  gunung ini tidak sedikit  ada  hotel yang dapat  Anda pakai  untuk menginap, mulai dari yang mengenakan tarif tercapai  sampai hotel mahal dengan kualitas pelayanan terbaik.

Transportasi ke Gunung Tangkuban Perahu

Salah satu urusan  yang unik  dari Gunung Tangkuban Perahu ialah  diperbolehkannya kendaraan masuk dan naik hingga  ke area  kawahnya dan tersedianya lahan parkir yang lumayan  luas guna  kendaraan Anda. Hal ini tidak tidak sedikit  terjadi di gunung-gunung beda  di Indonesia yang menjadi lokasi  wisata.

Jika memakai  kendaraan pribadi, terdapat  dua rute yang dapat  Anda pilih:

  • Keluar pintu tol Pasteur mengarah ke ke Jalan Dr. Djunjunan – Pasirkaliki – Sukajadi – Setiabudi – Lembang – Gunung Tangkuban Perahu.
  • Keluar pintu tol Padalarang mengarah ke arah Cimahi – belok kiri ke arah Jalan Kolonel Masturi – hingga pertigaan Jalan Raya Lembang, belok kiri – Gunung Tangkuban Perahu.

Sedangkan andai  menggunakan kendaraan umum, inilah  rute yang dapat  Anda pilih:

  • Dari Terminal Leuwi Panjang (Bandung) – naik bus jurusan Bandung-Indramayu – turun di pertigaan gerbang Gunung Tangkuban Perahu.
  • Dari Stasiun Hall (Bandung) – naik angkot jurusan Stasiun Hall-Lembang – turun di perempatan (Lembang – Maribaya – Tangkuban Perahu) – naik angkot jurusan Lembang-Cikole – turun di pinggir kawah Gunung Tangkuban Perahu.

Wisata Ciater

Satu lagi lokasi  wisata yang tidak sedikit  diminati oleh semua  wisatawan nih sobat wisata, baik lokal maupun mancanegara. Tempat wisata itu  yaitu Ciater atau tidak jarang  di sebut pun  Sari Ater. Tempat ini ialah  tempat sobat wisatalan untuk  kabupaten Subang, lokasi  ini ialah  wisata pemandian air panas, yang dapat dipakai  untuk rekreasi family  atau sebatas  besantai dan refleksi.

Ciater atau Sari Ater ini air panasnya bersumber dari kawah aktifgunung Tangkuban Parahu yang letaknya tidak jauh dari objek wisata ini. Air panas yg berisi  belerang ini di samping  mengalir ke Ciater, air ini pun  mengalir melewati  sungai sepanjang 2.000 meter yang menjadi dingin untuk membasahi  pesawahan yang terdapat  disekitar distrik  ciater, menurut  keterangan dari  para petani di wilayah  itu, kualitas panen jauh lebih baik dibanding dengan air irigasi biasanya.

Wisata  Paket Wisata Bogor Curug Cigamea Curug Luhur

Objek wisata Ciater ini sungguh paling  indah, di samping  udara pegunungannya yang sejuk, lokasi  ini sangat memukau  dengan suguhan sejauh mata memsobat wisatang hamparan kebun teh yang hijau dan luas. Selain tersebut  sobat wisata dapat  juga memanfaatkan air yang mengalir guna  terapi kesehatan untuk  yang mempunyai  penyakit. Kandungan belerangnya sangat berfungsi  untuk mengobati penyakit laksana  rematik, penyakit kulit, gangguan syaraf, tulang, lumpuh dan yang lainnya bila  dilaksanakan  secara berkala.

Asal awal  Ciater muncul saat  ada kisah  bahwa di kaki gunung Tangkuban Paruhu terletak areal perhutanan yang dipercayai  oleh masyarakat bahwa hutan tersebut paling  angker. Di dalam hutan itu  ada  pepohonan yang dikenal dengan pohon ater. Menurut kisah  para penduduk  setempat, sebuah  hari terdapat  seseorang yang mencoba mencukur  pohon ater itu  dan sesudah  di tebang dari cabang pohon itu  keluarlah air yang paling  deras.

Kejadian ini pasti  saja paling  fenomena, dimana pada masa tersebut  masyarakat setempat merasakan  kesusahan air bersih, dan mereka mempercayai  bahwa bersitan  air yang terbit  dari pohon ater itu  berkhasiat guna  mengobati sekian banyak   macam penyakit, khususnya  penyakit kulit. Hal itu  dapat diperlihatkan  juga oleh seorwng berpengalaman  yg berasal dari Belsobat wisata yang mempunyai  nama  Hack Bessel, setelah mengerjakan  pengujian terhadap air tersebut,maka air itu  benar-benar mujarab.

Di samping  pemandian air panas,CiaterJuga memiliki sejumlah  tempat yang unik  yang bisa  sobat wisata nikmati bareng  keluarga. Masing-masing lokasi  menawarkan braneka ragan pekerjaan  yang keasikan dan keunikannya. Diantaranya ialah  wahana permainan anak-anak, bersepeda, berenang, memancing, berperahu dan mendayung, arung jeram, berkuda, tenis lapangan, basket, voli, mini golf, gokart, berkemah, outbond, jalan-jalan di perkebunan teh, sampai mendatangi  tempat kerajinan keramik Ciater. Disana terdapat pun  villa yang disewakan andai  sobat wisata hendak  bermalam. Serta bungalow yang dapat  sobat wisata sewa guna  beristirahat. Di dalam kamar-kamar itu  disediakan empang  khusus dengan air panasnya, supaya  sobat wisata dapat  secara nyaman dan bebas ketika  berendam.

Di samping  keragaman yang tersedia, sebelum sobat wisata menginjakan kaki ke lokasi  wisata Sari Ater, semenjak  dalam perjalanan sobat wisata telah  disuguhi dan dimanjakan oleh hamparan perkebunan teh yang paling  luas, sejauh mata memsobat wisatang disamping kanan dan kiri jalan. Menambah keindahan dan kenyaman sobat wisata ketika  menuju tempat  pemandian air panas Ciater.sobat wisata bakal  dimanjakan dengan sejuknya udara, dengan keindahanperkebunannya, tidak luput pula, saudagar  oleh- oleh di ruas jalan laksana  nanaS,manggis,jeruk bali, durian dan lain-lain.

Wisata  Paket Wisata Bogor Jembatan Situ Gunung Gantung Sukabumi

Disekitar empang  renang, sobat wisata dapat menonton  air terjun yang tidak kalah cantik dan menakjubkan, dengan berselimutkan kepulan uap air hangat di area  pemandian air panas Ciater inki. Jika anda  berendam di air panas ini, akan menciptakan  aliran darah diseluruh tubuh terasa lancar, dsn akan menciptakan  badan lebih segar dan bugar.

Air panas di Ciater telah  teruji secara klinis. Berdasarkan hasil pengkajian tentang guna  dan khasiat air panas andai  kita mandi, air ciater berisi  kalsium, chloride, magnesium, kalsium, sulfar,thermo, mineral serta hypertherma dengan kadar aluminium yang paling  tinggi yakni  38,5 equiv %. Dan kesamaannya pun  sangat tinggi yakni  sekitar ph 2,45. Air panas yang langsung berasal dari mata air Ciater berkisar kira-kira 43-46 drajat celcius, sementara  air yang telah  dialirkan ke empang  renang, pulang  menjadi  37-42 derajat celcius. Dan andai  air yang berasal dari gunung Tangkuban Parahu yang telah  mengalir ke pesawahan masyarakat selama  yang telah  dingin suhu menjadi selama  8-10 derajat celcius.

Di samping  khasiat diatas yang telah  dipaparkan ternyata air panas ciater berfungsi  juga guna  terapi yang disebabkan  oleh desakan  darah tinggi,gangguan syaraf dan tulang serta kelumpuhan yang disebabkan  oleh stroke. Karena urusan  ini diakibatkan  air panas di Ciaterberisi  belerang dengan komposisi yang pas guna  kesehatan. Tentu saja terapi ini bakal  cepat mencairkan  penyakit andai  kita mengerjakan  terapi secara teratur  dan teratur. Di samping  iu Ciatr meluangkan  tempat terapi khisus guna  pengobatan.

Pesona wisata alami dan terapi kesehatan yang sobat wisata dapatkan di lokasi  tujuan wisata Ciater. Banyak pekerjaan  menyenangkan yang dapat  sobat wisata dan keluarga kerjakan  di lokasi  ini, laksana  bersepeda, berenang, memancing, berperahu dan mendayung, arung jeram, berkuda, tenis lapangan, basket, voli, mini golf, gokart, berkemah, outbond, wahana permainan anak-anak, jalan-jalan di perkebunan teh, sampai  mengunjungi kerajinan keramik.

Ketika kita telah  sampai di tempat  Ciater, maka sobat wisata bakal  disuguhi pemilihan tempat  yang sobat wisata inginkan, di samping  pemandian air panas alami, ada  jua empang  prvacy dan kenyamanan berendam untuk merasakan  sensasi air hangat sepuasnya.

Rute Menuju Lokasi Objek Wisata Pemandian Air Panas Ciater (Sari Ater) :

Rute mengarah ke  Ciater dapat dilaksanakan  dari seluruh  arah.

  • Dari Bandung, Ciater dapat dijangkau hanya dalam masa-masa 30 menit dengan jarak 32 kilometer.
  • Dari Lembang berjarak 15 kilometer,
  • Dari Kawah Gunung Tangkuban Parahu berjarak 7 kilometer
  • Dari Subang bakal memakan jarak tempuh selama 30 kilometer.
  • Dari ibukota Jakarta, ada dua opsi rute ke pemandian air panas Ciater. Pertama, melewati  rute arah Puncak yang berjarak tempuh sepanjang 212 kilometer, dan rute kedua ialah  dari Jakarta melalui  Tol Cikampek—Bekasi dengan jarak tempuh 185 kilometer.
Spread the love

Anda mungkin juga suka...

Open chat
Ingin Bertanya?