Idul Fitri adalah momen yang dinanti-nantikan kebanyakan orang. Bukan hanya karena bisa bertemu keluarga tapi juga karena saat Idul Fitri merupakan hari libur nasional yang biasanya disertai dengan libur bersama. Ini seringkali merupakan hari yang tepat untuk tetap berhubungan ketika kamu sedang berlibur bersama keluarga.

Bagi yang ingin berlibur saat Idul Fitri tentunya ada hal yang perlu diperhatikan demi menjaga suasana Idul Fitri dan menjaga kekompakan keluarga tetap erat. Perjalanan yang lancar dan destinasi wisata yang keren tidak cukup untuk menghabiskan liburan lebaran kamu. Berikut beberapa tips liburan lebaran yang perlu kamu ketahui.

Memastikan Kondisi Kendaraan

Kondisi kendaraan yang baik tentu akan mampu menciptakan libur lebaran yang berkualitas. Apa yang terjadi jika kendaraan mogok di tengah jalan? Oleh karena itu selalu pastikan kendaraan sudah tertib sebelum menggunakannya untuk liburan. Stabilitas dan karakteristik kinerja kendaraan roda dua atau empat harus selalu diperiksa. Jangan menyesal di sepanjang jalan.

Memastikan Anggota Keluarga

Penting juga untuk menjaga jumlah anggota keluarga yang akan berlibur. Karena hal ini akan mempengaruhi ketersediaan kendaraan. Tidak mungkin naik motor sendiri jika anggota keluarga yang akan mengikuti libur lebaran lebih dari lima bukan? Jadi pastikan jumlah karyawan untuk liburan. Jika perlu tunjukkan juga siapa yang berpartisipasi dan kendaraan apa yang tersedia.

Mempersiapkan Bekal Makanan

Setelah kamu mengetahui siapa yang terlibat dan alat apa yang perlu disiapkan langkah selanjutnya adalah menyiapkan makanan yang cukup. Cari tahu makanan apa yang harus kamu bawa dan jenis makanan apa yang sebenarnya bisa kamu bawa. Tidak semua destinasi wisata menawarkan fasilitas katering jadi jangan kelaparan di sepanjang jalan. Siapkan bahan-bahan yang akan disukai seluruh keluarga dan akan selalu ingat untuk membawa banyak air minum.

Isi Bensin Penuh

Meskipun selalu ada pompa bensin di setiap jalan tidak ada salahnya untuk mengisi bahan bakar bensin sepenuhnya saat kamu ingin pergi berlibur. Hal ini dilakukan untuk memprediksi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan seperti macet atau macet. Karena tidak setiap SPBU bisa memenuhi kebutuhan pengguna jalan dengan bensin. Selalu ingat untuk mengisi bahan bakar penuh dengan bensin saat kamu pergi berlibur. Jangan pergi ke luar untuk hal-hal yang tidak nyaman hanya karena kamu kehabisan bensin dan merasa sulit untuk mematuhinya.

Wisata  9 Tempat Wisata Religi Islami yang Viral di Indonesia

Destinasi Wisata yang Disukai

Jangan egois dalam menentukan destinasi wisata saat Idul Adha karena bukan hanya kamu yang ingin menikmati liburan saat Idul Adha. Sebelum memutuskan tujuan perjalanan mintalah saran dari orang lain. Pastikan tidak ada yang kecewa dengan pilihan perjalanan kamu. Persatuan dan suasana Idul Adha sebenarnya lebih penting daripada destinasi wisata yang menyenangkan.

Siapkan Berkas Berkendara

Dokumen mengemudi dari SIM hingga STNK tidak hilang. Selama Idul Fitri banyak macet dan tentunya banyak petugas polisi lalu lintas yang mengawasi. Jangan membuat kesalahan saat mengemudi. Selalu ikuti rambu-rambunya. Termasuk fakta bahwa kamu selalu membawa dokumen mengemudi yang lengkap. Jangan sampai hal itu terjadi jika ada masalah di jalan sulit bagi kamu untuk menunjukkan SIM dan STNK karena tiket saat Idul Fitri bisa lebih mahal dari biasanya.

Siapkan Playlist Lagu

Untuk membuat perjalanan lebih menyenangkan bagi kamu dan keluarga siapkan daftar putar yang dapat kamu nikmati saat bepergian. Menikmati perjalanan adalah salah satu kunci untuk pengalaman yang berkualitas. Dan musik adalah salah satu hal yang dapat membantu memecahkan kebekuan dengan cepat. Jika perlu kumpulkan daftar putar favorit kamu dari setiap anggota keluarga yang berpartisipasi untuk membuatnya lebih adil.

Tentukan Waktu Berlibur

Jam libur dan hal-hal lain juga harus diperhitungkan. Sesuaikan waktu liburan anda dengan tujuan atau tujuan wisata anda. Jangan sampai hal ini terjadi pada malam hari saat anda berkunjung ke pantai. Atau ketika kamu mengunjungi rumah kamu itu terjadi ketika kamu berada di luar kota. Selalu berhubungan dengan semua anggota keluarga dan kerabat yang akan kamu kunjungi. Jangan buang waktu yang tidak tepat karena waktu tidak dapat dikembalikan.

Ibadah Harus Dijaga

Bahkan jika kamu menyukai suasana meriah pada hari libur layanan tersebut belum dipertahankan. Lima kali doa belum dilakukan. Itu sebabnya kamu selalu membawa alat pemujaan seperti siksaan dan sarung. Perhatikan juga waktu kedatangan layanan. Jika perlu mampirlah ke masjid terdekat saat mendengar suara azan. Ibadah yang santai. Setelah itu perjalanan bisa dilanjutkan.

Siapkan Kamera

Tidak menyenangkan pergi berlibur jika kamu tidak membawa kamera. Tentukan jenis kamera yang kamu gunakan untuk berlibur. Hal ini juga akan disesuaikan dengan situasi destinasi wisata. Jangan lewatkan momen berharga bersama keluarga saat lebaran ini. Dan ingatlah untuk selalu membawa baterai cadangan agar foto bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Bawa P3K

Obat-obatan ringan atau P3K juga penting. Tidak ada salahnya untuk membawa kotak P3K dengan kamu dengan benar. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di sana. Siapkan obat ringan seperti obat sakit kepala dingin untuk mendistribusikan obat balsem untuk mabuk koyo dll. Semua ini akan membantu kelancaran perjalanan.

Wisata  Tempat Wisata Sawah Segar Sentul Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas, Jam Buka

Siapkan Kondisi Fisik

Meskipun perjalanan \\Idul Fitri\\ tidak memerlukan kondisi fisik yang sehat seperti ketika kita naik ke atas atau olahraga ekstrem lainnya penting juga untuk menjaga kebugaran fisik. Apalagi jika kamu bertanggung jawab untuk menyimpan setir mobil atau motor kamu. Fisik yang sehat dan tidak lesu hanya diketahui diperlukan. Mereka yang hanya penumpang juga penting untuk masa inap yang sehat. Jangan minum dengan ringan atau apa pun.

Jangan Jajan Sembarangan

Makanan di sepanjang jalan sangat menarik. Apalagi setelah puasa berkepanjangan. Tapi ini tidak sehat. Apalagi jika kamu bepergian ke kota orang-orang yang tidak yakin apakah benar bahwa makanan tersebut cocok untuk dikonsumsi. Lebih baik menghindari makanan yang dipertanyakan dan membeli makanan yang lebih layak. Meskipun sedikit mahal makanan sehat masih bisa dimakan sehat dan aman.

Bawa Baju Ganti

Penting juga untuk berganti pakaian untuk berjaga-jaga. Terutama untuk tempat wisata yang rawan hujan atau basah seperti pantai. Selalu kenakan pakaian kering agar tidak mudah masuk angin. Perjalanan Lebaran selalu menuntut kita untuk tampil maksimal dan segar. Apa yang harus dilakukan jika pakaian yang kamu kenakan adalah pakaian basah. Selain tidak sehat juga tidak modis.

Bawa Payung

Membawa payung meski tidak hujan juga merupakan tips yang sangat direkomendasikan dan sangat direkomendasikan untuk liburan lebaran. Siapkan payung sebelum hujan mulai turun. Selalu siap untuk hujan. Selain itu cuaca sekarang lebih tidak teratur saat ini. Kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi sebelumnya. Tidak ada salahnya membawa payung saat libur Lebaran ini.

Bawa Kantong Plastik

Kantong plastik bukan hanya berfungsi untuk kamu yang suka mabuk dalam perjalanan. Melainkan juga berfungsi untuk keperluan lainnya. Sampah juga bisa dimasukkan ke dalam kantung plastik sebelum dibuang ke tempat sampah. Selain itu, banyak fungsi dari kantung plastik. Misalnya menyimpan pakaian basah, atau lainnya.

Selalu Jaga Kebersihan

Walau kamu sedang berlibur, kebersihan harus tetap dijaga. Tetap buanglah sampah pada tempatnya dan jaga kebersihan di dalam kendaraan. Kebersihan badan juga tetap harus dijaga, lho. Jangan sampai bau badan atau kulit kusam membuatmu tidak nyaman selama berlibur.

Bawa Uang Lebih

Uang lebih harus tetap dipersiapkan untuk berjaga-jaga. Siapa tau macet yang terjadi selama berjam-jam mengharuskan kamu menginap di penginapan. Tentu akan ada rencana tidak terduga. Oleh karena itu, selalu siapkan uang yang lebih.

Siapkan Itinerary Matang

Rencana perjalanan yang matang harus dipersiapkan, lengkap dengan plan A, plan B, dan seterusnya. Dari sana akan diketahui apa saja yang diperlukan dan kapan saja waktu yang tepat untuk makan, beribadah, dan lain sebagainya.

Peralatan Make Up Seperlunya

Untuk wanita, tidak perlu membawa peralatan make up yang banyak. Bawa saja peralatan make up yang memang akan digunakan. Percaya atau tidak, peralatan make up adalah salah satu benda yang menghabiskan space untuk packing, lho. Selain itu, make up juga berat jika berada di dalam tas.

Wisata  15 Tempat Wisata di Situbondo Jawa Timur Viral

Siapkan Jalur Alternatif

Jalur yang utama memang akan lebih cepat. Namun, tidak ada salahnya jika kamu tetap mempersiapkan jalur alternatif untuk berjaga-jaga kalau-kalau ada kemacetan panjang dan sebagainya. Daripada mengantre dan bosan, lebih baik mengetahui jalur alternatif untuk menuju destinasi tujuan.

Selalu Bawa Pembalut

Pembalut adalah benda wajib yang harus dibawa kemana-mana. Walau sedang tidak menstruasi, tetap bawa satu atau dua pembalut untuk berjaga-jaga. Setidaknya, kamu akan merasa tenang. Siapa tau nanti ada anggota keluarga yang tiba-tiba kedatangan tamu bulanan. Daripada bingung membeli pembalut di jalanan, lebih baik membawa sendiri dari rumah.

Bawa Buku

Untuk menghindari bosan, siapkan buku atau bacaan lainnya. Bawa buku favorit kamu. Tidak perlu buku tebal, cukup buku ringan yang tidak membutuhkan daya nalar yang dalam. Buku atau bacaan ringan itu lebih baik untuk menghilangkan rasa bosan selama perjalanan daripada terus menerus bermain gadget.

Siapkan Baterai Cadangan

Baterai cadangan atau power bank adalah salah satu hal yang harus dibawa saat berlibur selama lebaran. Tentu kamu tidak ingin mati gaya hanya karena handphone kehabisan baterai. Selain kehilangan informasi, kamu juga tidak bisa mengabadikan momen bahagia bersama keluarga saat lebaran dengan handphone yang habis baterainya.

Pastikan Tiket Perjalanan

Jika kamu berlibur selama lebaran tanpa membawa kendaraan pribadi, pastikan bahwa kamu sudah mempersiapkan tiket kereta atau tiket pesawat jauh-jauh hari. Selalu cek jadwal pemesanan tiket dan persiapkan selalu perjalanan yang terencana dengan baik dengan tanggal kepergian dan kepulangan yang tepat.

Periksa Tanggal Tiket

Jika kamu berlibur dengan kendaraan umum, jangan lupa untuk mengingat tanggal keberangkatan dan tanggal kepulangan yang tertera pada tiket. Jangan sampai karena salah melihat tanggal, kamu harus ketinggalan kereta atau pesawat. Selain rugi uang, kamu juga akan rugi waktu.

Aksesoris yang Diperlukan

Kacamata, masker, topi, dan aksesoris lainnya juga diperlukan dalam liburan. Sesuaikan aksesoris yang dibutuhkan dengan jenis perjalanan dan juga destinasi wisata yang dituju. Aksesoris yang tepat akan membuat perjalanan semakin lancar. Kacamara dan topi bisa digunakan untuk menghalau sinar matahari. Sedangkan masker bisa digunakan untuk melindungi wajah dari debu dan polusi.

Jangan Mengandalkan GPS

Saat ini orang yang bepergian memang lebih dimudahkan dengan adanya GPS. Namun, hanya mengandalkan GPS juga tidak baik. Apalagi untuk daerah-daerah yang masih awam atau yang belum pernah dikunjungi. Bertanya pada penduduk sekitar atau orang yang ditemui di jalan pasti akan lebih akurat daripada hanya sekadar menggunakan GPS.

Lihat Ramalan Cuaca

Ramalah cuaca saat ini sudah cukup canggih. Walau tidak semua ramalan cuaca itu tepat dan akurat 100 persen, ada baiknya tetap melihatnya. Setidaknya akan diketahui gambaran umum mengenai cuaca dari daerah yang akan dituju pada hari tertentu, sehingga akan lebih mudah untuk menentukan rencana atau perbekalan yang perlu dibawa.

Mampir ke Rest Area

Perjalanan jauh pasti akan mengakibatkan rasa lelah yang menumpuk. Demi keselamatan, tidak ada salahnya mampir ke rest area selama perjalanan untuk sekadar melepaskan lelah. Utamakan keselamatan saat liburan lebaran. Beristirahat sejenak itu lebih penting daripada kelelahan di jalan.

Itulah beberapa tips liburan lebaran yang perlu diperhatikan. Semoga liburan lebaranmu menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu menjaga silaturahim dengan orang-orang di sekitar. Selamat liburan dan lebaran.

Beritahu Teman