Menghadap ke perairan Jawa, Situbondo adalah kota dengan pesona alam yang menarik. berpenduduk sekitar 700.000 orang yang di dominasi suku Jawa dan Madura.

Taman Nasional Baluran adalah bagian besar dari daya tarik Situbondo, dan ada beberapa tempat di mana pengunjung dapat mengakses tepi laut, seperti Bama yang berpasir atau ekosistem alami Bekol Savana yang mirip Afrika.

Kota ini memiliki beberapa tempat nongkrong tetapi yang tercantik dapat ditemukan di jalan-jalan tepi laut yang dipenuhi area bersantai di sekitar Pantai Utama Raya.

Selain rest area istirahat, kawasan alam memiliki sajian khusus yang unik dengan pilihan restoran, kafe yang kekinian di atas bukit.

Rekomendasi Wisata Populer di Situbondo

Beberapa tempat wisata terkenal juga dapat dicapai dengan naik transportasi umum, bersepeda, atau berkendara pribadi singkat, seperti Kampung Kerapu, maupun Kampung Blekok. dan berikut deretan destinasi Situbondo yang wajib dikunjungi;

Bekol Savana

Bekol Savana menjadi daya tarik terbesar bagi Taman Nasional Baluran, secara keseluruhan TN. Baluran mencakup lahan seluas 25.000 hektare, dan hampir setengahnya merupakan Padang Bekol Savana atau ekosistem alami.

Menyimpan keanekaragaman hayati yang melimpah. ada banyak flora dan fauna hidup ditempat ini.

Meski karakteristik alam yang dimiliki tempat ini mungkin sedikit gersang kering, nyatanya menjadi kesan bagi setiap orang berkunjung dan banyak yang menyamakannya dengan kawasan hutan di Afrika.

Pantai Pasir Putih Baru

Pantai Pasir Putih terletak di Kecamatan Bungatan, atau sekitar 23 km dari pusat kota Situbondo, dan menjadi destinasi alam paling diminati wisatawan ketika menyambut waktu liburan.

Seperti namanya, Pantai ini menawarkan kilauan pasir putih dengan dengan nuansa ombak yang tenang. jadi para pengunjung akan lebih tenang, khususnya ketika berlibur bersama anak kecil.

Saat berwisata ke Pantai Pasir Putih, kamu dapat menikmati keindahan bawah lautnya di permainan diving, snorkeling, atau mencoba keliling dengan menyewa peralatan kano ataupun perahu yang identik dengan layar warna-warninya.

Kalau kamu tertarik datang ke pantai ini, ada biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- per orang.

Pantai Bama

Taman Nasional Baluran bukan hanya tentang Africa van Java saja, namun juga mengenai tujuan pesisirnya. ada beragam pantai menakjubkan yang tersembunyi, dan sebagian sudah ditemukan para petualang seperti Pantai Bama.

Pantai Bama berjarak sekitar 8 km dari pintu masuk Taman Nasional Baluran. jika dari area kota bisa memakan waktu sekitar satu setengah jam.

Keunikan pesisir ini adalah pasirnya yang halus, gumpalan batu karang hitamnya, serta sisinya dibentengi oleh hutan bakau.

Wisatawan yang datang bisa puas mengagumi alam, hunting foto kenangan, bermain perahu hingga bermalam.

Wisata  26 Tempat Wisata Aceh Barat Indonesia lagi Viral

Pantai Utama Raya

Pantai Utama Raya menjadi tujuan wisata murah meriah di Situbondo karena untuk masuk ke kawasan ini tidak dikenakan biaya retribusi.

Taman tepi pantai ini dicintai karena aneka wahana airnya, akan ada banana boat, perahu, jetsky dan lainnya.

Bagi yang ingin bersantai menikmati sunset sore, Pantai Utama Raya juga sangat rekomendasi.

Punya banyak jalur lintasan hiking, area istirahat, kafe hingga penginapan cottage. Pantai Utama Raya disebut-sebut menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi.

Kampung Blekok

Dusun Pesisir Timur, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit terkenal dengan hutan bakaunya yang luas, dan di sinilah ribuan burung bangau hidup menjalani kehidupan.

Cari tahu bagaimana penduduk lokal hidup berdampingan tanpa merusak ekosistem, dan jelajahi juga keindahan jembatan panjang yang membelah hutan mangrove yang berujung dengan penampakan puncak gunung menakjubkan.

Apakah tertarik berlibur ke Kampung Blekok? jika iya, tiketnya sangat terjangkau, sekitar Rp. 6.000,- saja.

Kampung Kerapu

Wilayah Situbondo terkenal dengan lautnya yang luas, begitu juga dengan produksi ikannnya. dan salah satu ikan yang populer di kembangkan di daerah ini ialah ikan kerapu utamanya di wisata Kampung Kerapu.

Konsep tempat wisata ini hampir mirip seperti Kampung Blekok, dimana pengunjung akan disuguhi kesejukan tumbuhan mangrove, serta jembatan apung dengan dermaga berbentuk bulat.

Lokasi Kampung Kerapu tidak jauh dari pusat kota, tepatnya di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, atau kurang lebih 10 km arah barat.

Lempuyang Beach

Berada di Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih. Pantai Lempuyang memiliki bentuk seperti bulan sabit, punya pasir berwarna putih dan vegetasi lebat yang seakan tumpah ke lautan.

Daya tarik lain dari pantai Lempuyang adalah bukit berbatunya, saat kesini umumnya para petualang lebih suka mendaki bukit untuk menikmati keindahan alam dari sudut ketinggian.

Barokah Park

Jika kamu ingin menemukan tujuan rekreasi yang menawarkan banyak wahana untuk keluarga, seperti permainan kolam renang hingga waterpark, maka berkunjunglah ke Barokah Park.

Lokasi Barokah Park terletak di Jl. Raya Banyuwangi KM. 27, Desa Trigonco, Kecamatan Asembagus. atau tidak jauh dari alun-alun Asembagus.

Fasilitas penginapan, kafe buat nongkrong menunggu anak bermain juga di jamin lengkap. dan untuk tiket masuk di hari kerja sekitar Rp. 15.000,- serta Rp 20.000,- ketika masa liburan.

Air Terjun Talempong

Air Terjun Talempong adalah wisata alam tersembunyi karena letaknya terkesan ditutupi pepohonan lereng pegunungan yang mungkin untuk ketempat ini butuh tenaga ekstra.

Pesona air terjun ini sangat menawan dengan tebing hitam, kucuran air yang santai dan aliran sungai berbatunya yang cantik tidak mengherankan jika banyak orang menjadikannya sebagai hidden paradise untuk mengusir rasa penat dari kesibukan kerja.

Untuk sampai ke air terjun alami di Situbondo ini, dibutuhkan waktu perjalanan hampir 2 jam dari kota hingga sampai di Desa Kalisari, Kecamatan Banyuglugur. dan berlanjut dengan jalan kaki.

Wisata  49 Tempat Wisata di Bogor Yang Viral dan Murah

Pantai Tampora

Pantai Tampora berada di sisi barat kota, pantai ini terkenal di telinga pecandu alam karena pemandangan sunrise, sunset serta kegiatan berkemahnya.

Meski dari ukuran Pantai Tampora tidaklah besar, namun pemandangan yang dimilikinya cukup menggiurkan, pasir, pepohonan, jernihnya air semua menyatu dan sedang menunggu untuk dikagumi.

Pantai ini juga memiliki area permainan anak, mushola, toilet umum, serta barisan warung jajanan.

Pantai Bilik Sejile

Kabupaten Situbondo, Jawa Timur mempunyai lebih dari satu area wisata yang benar-benar memesona. Salah satunya pantai Sijile yang terdapat di di dalam kawasan taman nasional baluran tepatnya di labuan merak kecamatan banyu putih kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Indonesia.

Pantai Sijile merupakan semenanjung atau daratan yang menjorok ke laut. Lalu di bagian lain, garis pantainya berlekuk sampai nyaris setengah lingkaran, lantas berupa teluk. Sehingga, terciptalah perpaduan yang elok dan eksotis pada semenanjung berpadu bersama dengan teluk.

Pantai Bilik Sijile ini mempunyai area yang begitu tenang dan bersih dari polusi, pantai ini akan tampak khas terhadap sementara air laut surut, karena akan tampak daratan berpasir putih yang berupa menyerupai lidah, sehingga dinamakan Sijile (bahasa Madura) yang berarti lidah.

Lokasi : Area TN. Baluran, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Plaza Rengganis

Gunung Argopuro atau Rengganis merupakan salah satu wisata alam yang miliki banyak puncak dan sejuta pesona yang belum terungkap. Beberapa puncak disini membawa susunan geologi tua dan beberapa yang lainnya lebih muda. Puncak Argopuro atau rengganis berada terhadap ketinggian ± 3.088 m dari permukaan laut. Untuk mendaki hingga hingga kepuncak jalur yang mampu kami lalui adalah melalui Desa Bederan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo.

Untuk mampu menggapai puncak Rengganis yang miliki pesona eksotik dan nilai historis ini, wajib berjalan tidak cukup lebih 4 jam melauli perkebunan Damar dan hutan tropis dan juga menelusuri jalur setapak, maka kami menemui lapangan terbang atau terhadap rumput savana bernama “Cikasur”. Lapangan terbang ini, konon merupakan peninggalan kolonial Belanda. Di lokasi ini biasanya kami mampu mendirikan tenda dan bermalam disekitar lapangan. Setelah kami bermalam di area ini, pagi harinya kami mampu meneruskan pendakian bersama menempuh perjalanan sekitar 6 jam dan sampailah ke Puncak Argopuro, Puncak Rengganis dan Daratan Tinggi Hyang.

Hutan di kawasan gunung Argopuro merupakan hutan mengolah dan kami masih mampu melihat atau menjumpai binatang-binatang liar waktu pendakian. Adapun binatang yang kami jumpai di area ini, seperti kijang, monyet, babi hutan, tidak baik merak, ular, dan lainnya. Keelokan panorama puncak Rengganis ini, terkecuali dibandingkan puncak-puncak gunung lain yang ada di lokasi Jawa timur tidak kalah menariknya. Karena, tak sekedar puncak Dewi Rengganis ini menyebabkan nilai historis, panorama alamnya masih ‘perawan’ atau asri. Tak hanya itu saja yang ada di Puncak Rengganis, tetapi kami terhitung akan menjumpai keunikan-keunikan alam yang tersimpan disana, seperti bungan-bungaan yang warna-warni, air yang rasanya asam, manis, asin dan juga keunikan yang tidak masuk akal dalam alam anggapan kita. Menurut penduduk sekitar, puncak dewi Dewi Rengganis merupakan puncak yang kerap memancarkan sinar atau warna kebiru-biruan tiap-tiap hari-hari tertentu.

Wisata  9 Tempat Wisata Religi Islami yang Viral di Indonesia

Lokasi : Jl. Argopuro, Area Hutan, Baderan, Sumbermalang, Kab. Situbondo.

Gunung Bunter Asembagus

AlamWisata ini menyajikan keindahan alam pegunungan dengan spot-spot selfie yang cantik untuk memuaskan dahaga para sosialita khususnya warga situbondo. Saat liburan berdasarkan pengalaman penulis tiket masuk hanya Rp. 3.000,-per orang dan Rp 1.000,- per sepeda motor yang tentunya sesuai dengan jumlah spot selfie yang up to date . Perjalanan menuju wisata ini dari jalur Jalan Raya Nasional Situbondo-Banyuwangi tepatnya dari alun-alun second city Asembagus hanya berkisar 30 menit baik dengan Sepeda motor ataupun dengan Mobil dengan kondisi jalan cukup baik.Hanya saja untuk mobil belum tersedia lahan parkir jadi hanya diparkir di perumahan warga 100 meter sebelum

lokasi.at : Kedonglo, Kec. Asembagus, Kabupaten Situbondo

Pantai Pathek

Menurut cerita Pantai Pathek miliki arti Patek yakni anak bangsawan berasal dari Polandia. Konon, yang menambahkan nama pantai selanjutnya adalah orang Belanda yang dahulu tinggal di kawasan pantai ini.

Namun, menurut umumnya orang mengira bahwa pantai ini berada di Desa Patek, padahal sesungguhnya Desa Patek sendiri berada di sebelah tenggara pantai.

Terlepas berasal dari penyebutan nama pantai ini, masih tersedia cerita histori lainnya tapi terhitung jadi perdebatan masyarakat.

Perdebatan ini berkenaan pendaratan Hayam Wuruk, bahwa pantai ini jadi lokasi yang pertama kali tidak benar satu raja Majapahit, Hayam Wuruk menginjakkan kaki.

Menurut kitab Negarakertagama, menyebutkan bahwa Hayam Wuruk merapat di sebuah pantai yang memanjang berasal dari utara ke selatan.

Dan menurut aktivis sejarah, Pantai Pathek inilah yang miliki posisi layaknya tersebut. Namun, terlepas berasal dari itu semua, Pantai Pathek merupakan sebuah pesisir yang menambahkan sumber kekuatan alam yang mampu dimanfaatkan.

Alamat : Jalan Pantai Pathek, Gelung Selatan, Gelung, Kec. Situbondo.

Pantai Bletok

Keunggulan Pantai Bletok ini adalah lokasinya yang dekat bersama dengan jalur raya. Sangat strategis sebagai tempat beristirahat disaat dalam perjalanan. Tidak heran jikalau banyak kendaraan yang menghentikan mobil atau motornya di tepi pantai.

Untuk menikmati keindahan Pantai Bletok ini Anda tidak dikenakan tarif biaya masuk. Karena memang terletak di tepi jalur menjadi Anda sanggup langsung menuju pantai. Anda sanggup menikmati keindahan pantai sepanjang selagi sepanjang 24 jam.

Alamat : Jl. Raya Pasir Putih, Mlandingan, Kabupaten Situbondo.

Beritahu Teman