9 Tempat Wisata Religi Islami yang Viral di Indonesia – WISATA religi jadi salah satu tipe wisata yang lumayan digemari. Berbeda dengan tipe wisata yang lain, tidak hanya mengagumi keelokan bangunan ataupun sejarah tempat yang dituju, kalian dapat menemukan ketenangan jiwa dari sisi religus.

Tetapi bukan cuma itu saja lho, terdapat sebagian khasiat lain yang dapat didapatkan dikala kalian mendatangi tempat yang dikira selaku wisata religi. Apa saja itu?

Pengertian Wisata Religi

Secara universal wisata religi islami bisa dimaksud selaku aktivitas wisata yang dikhususkan buat memfasilitasi kebutuhan melancong ummat Islam.

Kedatangan wisata halal ini pula hadirnya suatu paket ekspedisi yang mengacu pada ketentuan hidup ummat Islam, baik di sisi adab mengadakan ekspedisi, memastikan tujuan wisata, akomodasi, sampai santapan.

Kota- kota besar di negeri dengan populasi kebanyakan Islam masih jadi tujuan utama para turis halal, contohnya semacam Arab Saudi, Palestina, Turki, Uni Emirat Arab, Mesir, Malaysia, Maladewa sampai Indonesia.

Tidak cuma itu, saat ini negara- negara dengan jumlah penduduk muslim minoritas juga dapat senantiasa didatangi tanpa takut dengan santapan, penginapan serta sarana yang lain, sebab sebagian travel sudah merancangkan paket spesial cocok dengan kebutuhan ummat Islam.

Sejarah Wisata Islami

Sebutan wisata halal baru mulai diketahui semenjak 2015 kala suatu event World Halal Tourism Summit( WHTS) diselenggarakan di Abu Dhabi, UAE. Tadinya dunia pariwisata cuma memahami selaku muslim tour ataupun semisalnya. Dalam event ini WHTS berupaya menyadarkan kalau pangsa pasar dari wisata halal amatlah besar serta butuh buat terus dibesarkan.

WHTS apalagi memprediksi pada tahun 2019 nanti tidak kurang dari 238 milyar USD berbalik di dunia wisata halal( di luar haji serta umrah), ini maksudnya perkembangan dunia wisata halal melejit nyaris mendekati 90% lebih kilat dibandingkan wisata universal dari tahun ke tahun. Lebih hebatnya, jumlah itu terus berkembang dari waktu ke waktu.
Penafsiran secara universal wisata halal merupakan bagian dari industri pariwisata yang diperuntukan buat turis Muslim. Pelayanan turis dalam pariwisata halal merujuk pada aturan- aturan Islam.

Salah satu contoh dari wujud pelayanan ini misalnya Hotel yang tidak sediakan santapan maupun minuman yang memiliki alkohol serta mempunyai kolam renang dan sarana spa yang terpisah buat laki- laki serta perempuan.

Wisata  49 Tempat Wisata di Bogor Yang Viral dan Murah

Tidak hanya hotel, transportasi dalam industri pariwisata halal pula mengenakan konsep Islami. Penyedia jasa transportasi harus membagikan kemudahan untuk turis muslim dalam penerapan ibadah sepanjang ekspedisi. Kemudahan ini dapat berbentuk penyediaan tempat sholat di dalam pesawat, pemberitahuan berbentuk pengumuman ataupun adzan bila sudah merambah waktu sholat tidak hanya pastinya tidak terdapatnya santapan ataupun minuman yang memiliki alkohol serta terdapatnya hiburan Islami sepanjang ekspedisi.

Manfaat Wisata Religi

  • Melenyapkan stres

Rutinitas tiap hari semacam kuliah ataupun bekerja pasti membuat kalian tekanan pikiran. Belum lagi dikala kalian tinggal di kota besar yang penuh kemacetan. Guna melenyapkan tekanan pikiran wisata religi dapat jadi alternatifnya.

Umumnya tempat wisata religi mempunyai keelokan yang luar biasa. Perihal ini pastinya bisa membuat beban di benak kalian jadi lenyap. Tidak hanya itu faktor religiusnya pula membuat jiwa lebih tenang yang secara langsung bisa melenyapkan tekanan pikiran.

  • Penawar dahaga spiritual

Bila wisata lain cuma memperoleh kepuasan sedangkan, berbeda dengan wisata religi. Dahaga spiritual yang kalian miliki bisa lekas tersegarkan. Kalian dapat mendatangi salah satu objek wisata religi cocok kecenderungan jiwa serta apa yang sangat kalian butuhkan.

Bila kalian umat muslim pasti tidak hendak susah menciptakan objek wisata religi. Terdapat banyak tempat semacam makam wali, masjid, museum sampai web sejarah yang menggambarkan keelokan Islam.

  • Pengetahuan bertambah

Tidak hanya menemukan ketenangan jiwa serta penawar dahaga spriritual wisata religi bisa menaikkan pengetahuan kalian. Contohnya saja bila kalian tiba ke Masjid Sunan Ampel, kalian bisa belajar sejarah menimpa penyebaran Islam di pulau Jawa paling utama Jawa Timur.

Perihal tersebut memanglah tidak aneh, sebab umumnya wisata religi ialah tempat yang memiliki sejarah, tanpa terkecuali makam- makam para wali. Tidak hanya itu, sebagian bangunan di tempat wisata ini mempunyai desain unik sehingga kalian pula dapat menaikkan pengetahuan arsitektur.

  • Mendekatkan diri ke Si Pencipta

Ini yang sangat utama, kala berkunjung ke tempat wisata religi pastinya perihal tersebut membuat kalian terus menjadi mendekatkan diri ke Si Pencipta. Sebab tidak hanya mengagumi keelokan tempat yang dituju kalian bisa melaksanakan kegiatan ibadah semacam mengaji ataupun salat.

9 Wisata Religi Islami di Indonesia

  • Kubah Mas

Destinasi wisata pertama, benar-benar terkenal bersama dengan kubah berwarna emas. Masjid Dian Al Mahri tak dulu sepi dikunjungi oleh warga dari penjuru kota. Kemegahan dan kemewahan Masjid, sanggup menarik hati wisatawan.
Menariknya, ternyata susunan emas tidak cuma ada terhadap kubah. Tetapi terhitung langit-langit, daerah imam dan lantai dua. Pilar yang menjulang tinggi terhitung menampilkan kekokohan bangunan.

Wisata  26 Tempat Wisata Aceh Barat Indonesia lagi Viral

Walaupun kerap jadi daerah wisata Lebaran, tapi lokasinya memadai jauh dari Kota Depok. Tepatnya, di Jalan Raya Meruyung, Limo. Ketika berkunjung, pastikan selalu mengenakan pakaian sopan dan tertutup ya.

Selain itu bersama dengan tiket masuk seharga Rp15 ribu saja, udah sanggup menikmati sarana layaknya daerah wudu, toilet, hamparan rumput dan pohon rindang, kafetaria hingga lahan parkir yang luas.

  • Masjid Agung Al Barkah

Menjadi Masjid tertua di Kota Bekasi, Masjid Agung Al Barkah mesti dikunjungi dikala berada di kota Patriot. Memiliki arsitektur unik, bangunan ini miliki empat menara sudut bersama dengan warna atap biru.

Di kurang lebih halaman, terkandung pepohonan rindang. Jadi terasa sejuk dan teduh. Saat berkunjung ke Masjid, interior lebih dominan di di dalam daripada di luar. Banyaknya aksen dan ornamen khas mengimbuhkan penampilan megah.
Walaupun kelihatan miliki penampilan mewah tapi pengunjung tidak mesti membayar biaya masuk, dengan kata lain gratis. Lokasinya di Jl. Veteran No. 46, Marga Jaya, Bekasi Selatan Kota Bekasi Jawa Barat.

  • Pintu Seribu

Dibangun sejak 1978 lalu, Masjid Pintu Seribu miliki keunikan tersendiri. Selain miliki banyak pintu, tiap-tiap ruangan terhitung disekat sehingga membentuk musala.
Nama yang diberikan pun berbeda-beda. Seperti Fathul Qorib, Fatimah hingga Ratu Ayu. Terletak salah satu pemukiman warga, pengunjung mesti ekstra sabar melacak keberadaan Masjid.

Tepatnya, di Rt.01/Rw.03, Kampung Bayur, Priuk, Kota Tangerang. Akan tetapi, nantinya dapat terbayar sehabis menikmati sisa bangunan yang udah rapuh tersebut.
Meskipun tampilannya agak berbeda, tapi jangan khawatir. Sejumlah sarana udah disiapkan untuk menyambut pengunjung. Seperti, toilet, daerah istirahat dan makan untuk bersantai sebelum saat melanjutkan berkeliling.

  • Masjid Perahu

Sesuai namanya, pasti udah sanggup menebak bukan, ada keistimewaan apa di daerah ini. Masjid Agung Al Munada Darussalam Bairturrahman, terkenal bersama dengan bangunannya yang sama perahu.

Konon, sengaja dibangun untuk mengingatkan manusia dapat cerita Nabi Nuh. Sehingga tambah taat dan tidak meninggalkan salat ulang demi hal duniawi.

Bukan sebagai pajangan saja, di sini dipergunakan untuk daerah berwudu bagi umat Islam. Selain perahu, terkandung Al-Qur’an raksasa yang miliki emas dan berasa di puncak Masjid.

Jika menghendaki berkunjung, tak mesti mengeluarkan dana besar, persiapkan saja diri dan kendaraan untuk berangkat ke sana. Lokasinya berada di Jl. Casablanca No. 38, Menteng Dalam, Jakarta Selatan.

  • Istiqlal

Berpusat di jantung Kota Jakarta, siapa yang belum mengenal Masjid Istiqlal. Bangunan megah ini, kerap jadi landmark kota kedua sehabis Monas.

Beberapa siaran televisi, terhitung kerap menampilkan seberapa megah masjid yang bersebrangan bersama dengan Gereja Katedral.

Wisata  15 Tempat Wisata di Situbondo Jawa Timur Viral

Lokasinya yaitu di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat. Tentunya, pengunjung sanggup mempunyai kendaraan privat atau naik transportasi umum.

Kemegahan dan Kemewahan Masjid kelihatan lebih memukau selagi malam hari. Jika menghendaki datang, pastikan di jam operasionalnya yaitu selagi salat fardu atau hingga 4 sore.

  • Masjid Dian Al Mahri, Depok, Jawa Barat

Masjid Dian Al Mahri merupakan tidak benar satu wisata religi di Indonesia yang begitu fenomenal selagi masjid diresmikan. Masjid yang terhitung dikenal bersama dengan sebutan Masjid Kubah Emas itu terletak di Depok, Jawa Barat, tak jauh dari Jakarta. Yang menyebabkan Masjid Kubah Emas begitu fenomenal adalah susunan emas asli setebal 2 hingga 3 milimeter terhadap anggota kubah masjid. Pada anggota reliefnya dilapisi emas 18 karat. Masjid Kubah Mas miliki lahan yang benar-benar luas dan kerap dijadikan sebagai wisata religi keluarga.

  • Masjid Agung Jawa Tengah – Semarang

Objek wisata religi selanjutnya berada di Semarang, Jawa Tengah dan terhitung tidak benar satu bangunan termegah yang ada di Indonesia, lho! Arsitektur dari Masjid Agung Jawa Tengah ini terhitung dapat mengingatkanmu terhadap Masjid Nabawi yang berada di Madinah. Lebih detil lagi, Arsitektur Masjid ini merupakan campuran dari arsitektur Jawa, Roma, dan terhitung Arab. Jika Toppers menaiki menara Asmaul Husna yang miliki ketinggian 99 mtr. di Masjid ini, anda sanggup menikmati pemandangan kota Malang dan terhitung keindahan kegiatan di pelabuhan Tanjung Emas lewat teropong pandang. Daya tarik lain dari destinasi wisata religi satu ini adalah keberadaan Al-Quran raksasa yang ditulis oleh penulis kaligrafi H.Hayatuddin.

  • Masjid Menara – Kudus

Hampir seluruh peziarah muslim paham destinasi ziarah islami yang terkenal satu ini. Dibangun sejak 1549, Masjid yang dari faktor arsitekturnya mendapat dampak dari kebudayaan Hindu ini terhitung beridri satu kompleks bersama dengan makam Sunan Kudus, tidak benar satu penyiar Agama Islam di Indonesia yang merupakan tidak benar satu dari Wali Sanga. Pada selagi perayaan umat Islam, masjid ini kerap ramai dikunjungi para peziarah.

  • Masjid Raya Baiturrahman

Di Aceh, tak lengkap rasanya kalau Anda tidak menginjakkan kaki di Masjid Raya Baiturrahman. Lokasinya pun memadai strategis yaitu terletak di Jalan Moh. Jam, Baiturrahman, Kota Banda Aceh.elain desain arsitekturnya yang bergaya India, masjid ini pun dikenal lantaran ketangguhan serta kekokohan bangunannya. Beberapa di antaranya yaitu serangan Belanda hingga tsunami yang menerjang Aceh terhadap tahun 2004 lalu.

Beritahu Teman