Paket Wisata Bogor Taman Buah Mekar Sari Curug Jonggol

Paket Wisata Bogor Taman Buah Mekar Sari Curug Jonggol Detail paket Avanza Rp 800.000 (include makan supir, bensin, belum termasuk parkir dan tol) kapasitas 6 orang full day.

Taman Buah Mekar Sari

taman buah mekar sari
taman buah mekar sari

Di samping Taman Safari Bogor dan Kebun Raya Bogor, terdapat satu lagilokasi wisata berupa taman yang me sti dikunjungi di kota hujan ini, yakni Taman Buah Mekarsari.

Taman seluas 264 hektar ini menyuguhkan kemudahan yang unik dan paling lengkap. Di obyek wisata ini wisatawan dapat melihat koleksi sekian banyak tanaman buah yang paling lengkap.

Mulai dari lokasi pembibitan, persemaian, lokasi tinggal plastik, kebun sayur, empang pemancingan, tumbuhan buah dalam pot, kebun wisata melon, kebun salak, rambutan dan beda sebagainya.

Selain tersebut di taman ini pun disediakan sekian banyak wahana permaian dan outbound guna keluarga. Seperti apa keseruannya, yuk ikuti Taman Buah Mekarsari review yang kami bikin berikut ini:

Sejarah

Taman Wisata Mekarsari adalah salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia, terutama jenis buah-buahan unggul yang dikoleksi dari seluruh wilayah di Indonesia, sekaligus adalah tempat riset budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding) dan perbanyakan bibit unggul untuk lantas disebarluaskan untuk petani dan masyarakat umum.

Taman Wisata Mekarsari ialah taman buah yang digagas oleh Ibu Tien Soeharto (Alm.) yang mulai di bina pada tahun 1990 dan resmi dimulai pada tahun 1995. Awalnya, Taman Mekarsari ini berkonsep sebagai lokasi untuk konservasi tumbuhan, tetapi konsep ini kemudian diperbanyak menjadi areal konservasi, reboisasi, edukasi, dan rekreasi.

Sebagai area wisata seluas 264 hektar, Taman Wisata Mekarsari mempunyai 1.470 varietas tumbuhan buah dan 100.000 pohon, tergolong di antaranyatumbuhan rempah, tumbuhan biofarmaka, tumbuhan pangan, tumbuhan hias,tumbuhan sayur, tumbuhan industri, dan tumbuhan pelindung. Di sini ada pula laboratorium guna menyilangkan sejumlah varietas tanaman yang menghasilkan Barbados cherry, jambu air irung petruk, jambu air cengkih, nenas arnis, jambu air toon klow, serta persilangan buah cempedak dan nangka yang disebut pedakka, cempeka, dan nangkadak. Di samping itu, di Taman Wisata Mekarsari, Anda pun dapat menjumpai tanaman-tanaman langka laksana bunga bangkai, sawo kecik, kesemek, serta tanaman-tanaman tropis laksana salak, nangka, jeruk, rambutan, belimbing, melon, dan masih tidak sedikit lagi.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Taman Mekarsari

taman buah mekar sari
taman buah mekar sari

Aktivitas yang dapat dilakukan di dalam taman wisata ini tak melulu untukmenyaksikan tumbuhan saja. Mengingat telah ada wahana maupun permainan yang dapat dijajal dan menciptakan liburan semakin seru. Untuk kamu yangmenyenangi permainan, kamu bisa menjajal Banana Boat, Water Bike, Waterpark, Giant Bubble sampai Floating Donat. kita yang hendak berenang juga dapat benerang dikolam renang yang sudah disediakan di taman satu ini.

Kebanyakan wahananya memang di air sampai-sampai jika hendak mencobanya,betapa baiknya andai membawa pakaian ganti. Dengan begitu saat baju kamu basah maka tidak bakal menjadi masalah. Permainan air ini dapat dipastikan seru, seperti contohnya water kingdom yang miliki tidak sedikit permainan. Mulai dari seluncuran boomerang yang memilikipanjang sampai 118 meter danpun kolam arus atau lazy river yang panjangnya sampai 600 meter.

Di samping permainan di air, kamu yang suka kendala atau petualangan jugadapat mencoba sejumlah wahana. Seperti menaiki ATV dengan rute yang sudah disediakan dan tentunya menantang guna di jajal. Taman Wisata ini pun mempunyai sarana outbond maupun paddy village guna anak. Inilah kenapa Taman Mekarsari dapat dikatakan sebagai taman yang istimewa terutama untuk anak anak yang mendatangi taman wisata satu ini.

Anak anak dapat menggunakan kemudahan seperti flying fox, panjat dinding, halang rintang dan pun dayung rakit. Sementara guna paddy village, anak anak akan menikmati pengalaman dalam bertani di sawah. Karena memang taman ini selain guna wisata pun untuk menyerahkan edukasi. Si kecil dapat menjajal bagaimana pekerjaan tandur, melukis topi petani sampai memandikan kerbau yang tentunya dapat menjadi empiris yang tidak bakal terlupakan.

Ada pun area permainan yang tak kalah unik untuk dijajal laksana Mono Rail, Gokart Minihingga Aeroplane Fancy. Tak melulu itu, kamu juga dapat menikmati pertunjukkan yang rutin diselenggarakan yakni Ponyo Show. Ponyo show ini adalah komedi interaktif yang memakai teknologi canggih. Di samping Ponyo Show, terdapat pula pertunjukkan operet dengan sekian banyak tema yang pastinya dapat memberikan hiburan sebab dikemas dengan lucu.

Sarana wisata

Taman ini dilengkapi dengan sarana wisata untuk wisatawan nusantara maupun mancanegara. Wisata di tengah taman buah didukung oleh berbagai wahana yang mendekatkan pengunjung kepada alam, di anataranya:

  • Family Garden,
  • Rekreasi Danau (25 ha),
  • Baby Zoo,
  • Rusa Tutul,
  • Garden Center,
  • Greenhouse Melon,
  • Sabut Kelapa Outbound
  • Bunga Bangkai,
  • Kids Fun Valley,
  • Menara Pandang,
  • Bangunan Air Terjun (Puri Tirto Sari).
  • Pongo Show

Kegiatan-kegiatan yang menjadi favorit pengunjung antara lain:

  • Company Gathering,
  • Piknik Keluarga,
  • Wisata Kebun Buah/Sayur,
  • Barbeque,
  • Senam Pagi,
  • Fruitwalk (jalan-jalan di kebun buah),
  • Berkuda (di atas jam 10 pagi),
  • Memandikan sapi,
  • Menanam padi.

Tiket

Untuk dapat menginjak tempat wisata Taman Wisata Mekarsari, Anda bakal dikenai tarif sebesar 25.000 Rupiah guna dewasa dan anak-anak, baik ketika weekdays maupun weekend. Menariknya, di sini memakai sistem Top Up, yakni pengisian saldo supaya dapat memakai wahana sampai-sampai Anda tidakbutuh mengantre untuk melakukan pembelian tiket bila hendak menaikisebuah wahana. Tiket masuk sebesar 25.000 Rupiah itu berisikan 15.000 Rupiah guna tiket masuk kawasan, 10.000 Rupiah guna gelang RFID, gelangberikut yang dipakai untuk pengisian saldo. Jika kita pulang, Anda dapat membawa kembali gelang RFID ini maupun menukarkannya kembali, lantas Andabakal mendapatkan sisa sisa yang terdapat di gelang tersebut.

Tarif retribusi guna kendaraan bermotor ialah 5.000 Rupiah guna roda 2, 15.000 Rupiah guna roda 4, dan 35.000 Rupiah guna bus.

Wahana di Taman Wisata Mekarsari dikenakan tarif berbeda, dengan kisaran harga antara 10.000 Rupiah sampai 55.000 Rupiah.

Curug Jonggol

Aktivitas padat masing-masing hari, baik tersebut bekerja, sekolah, les, pelatihan dan sebagainya rawan berujung pada rasa lelah dan penat. Terutamabila Anda bermukim di wilayah kota besar laksana Jakarta yang diisi dengan segudang masalah. Rasanya ingin dapat berlibur ke sebuah tempat dan memanfaatkan masa-masa berkumpul bareng keluarga maupun semua sahabat. Mulai dari sekarang, aturlah jadwal guna refreshing sejenak. kita berhakmenemukan jatah mendinginkan jiwa dan raga.

Wisata  Paket Wisata Bogor Pelabuhan Ratu

Lalu ke mana destinasi wisata yang patut disambangi supaya memperolehseluruh itu? Jika kamu tinggal di Jakarta dan sekitarnya, tidak butuh jauh-jauh. Pergilah ke wilayah Bogor dan kunjungi Curug Cipamingkis.

Destinasi ini memiliki kemudahan memadai yang lengkap, sehingga semua pengunjung dapat merasakan suasana dengan nyaman. Kelebihan dari Curug Cipamingkis ialah dari pengelolanya.

Jika seringkali sebuah curug dikelola oleh penduduk sekitar maupun organisasi tertentu, Cipamingkis telah dikelola oleh Perum Perhutani. Tak heran bila segala layanan di dalamnya begitu memuaskan.

Lokasi Curug Cipamingkis

Alamat menyeluruh Curug Cipamingkis sedang di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Jarak dari pusat kota Bogor tidak cukup lebih 44 kilometer. Membutuhkan masa-masa kira-kira 1,5 jam hingga 2 jamguna sampai ke titik lokasi. Lalu guna alat transportasi yang dapat digunakan ialah kendaraan pribadi, laksana sepeda motor maupun mobil. Sedangkan kendaraan umum belum dapat mengantarkan hingga lokasi.

Di samping itu, jarak parkiran sampai Curug juga relatif dekat. Kebanyakan lokasi wisata curug beda mempunyai jarak lumayan jauh dari latar parkirnya, menciptakan sehingga gampang lelah. Tapi di Curug Cipamingkis kita tidak perlu berlangsung jauh lagi.

Mitos di Curug Cipamingkis

Sebagian besar tempat-tempat di Indonesia masih diandalkan mempunyai legenda maupun mitos, tak terkecuali Curug Cipamingkis ini. Mitos-mitos yang beredar memang dipercayai oleh penduduk sekitar dan semua pengunjungnya. Bahkan tak melulu satu mitos.

Mitos kesatu bersangkutan dengan asmara atau percintaan. Konon katanyabila ada seseorang yang masih single dan mandi di bawah air terjun dengan niat hendak bertemu jodoh, maka permintaannya itu akan dikabulkan.
Lalu mitos kedua ialah tentang ‘penghuni’ Curug Cipamingkis. Begitu kita masuk ke area curug yang diisi dengan pepohonan, aura mistis memang terasa begitu kental. Kabarnya penghuni Curug ialah seekor jelmaan ular naga paduan dari Pangeran Langit. Masyarakat setempat juga menyebutnya sebagai Dewi Ular atau Ratu Ular.

Wisata  Paket Wisata Bogor Jungleland Kebun Raya

Sementara mitos ketiga ini dirasakan sendiri oleh di antara pengunjung Curug. Belum terlampau jelas siapa orangnya dan kapan kejadian itu terjadi. Namun menurut keterangan dari keterangan sejumlah sumber, seorang pengunjung secara tak sengaja bertemu dengan makhluk ghaib yang menyorotkan mata bersinar merah dan tajam ke arahnya. Setelah tersebut iamenikmati ada sebuah kekuatan yang masuk ke dalam dirinya. Ternyata kekuatan itu membuatnya mempunyai ‘daya tarik’ eksklusif di mata lawan jenis dan hubungan percintaannya.

Daya Tarik Curug Cipamingkis

Sebagai obyek wisata yang mempunyai wahana komplit, lokasi ini memilikipesona yang sayang bila ditinggalkan. Daya tarik kesatu tentulah dari air terjunnya. Curug Cipamingkis berasal dari kata Curug dan Cipamingkis. Curug adalahbahasa Sunda yang berarti air terjun. Sedangkan Cipamingkisdipungut dari kata ‘pamungkas’ yang dengan kata lain terakhir.

Perlu diketahui bahwa curug ini berasal dari pertemuan 2 buah sungai yang mengaliri Bogor, yakni Sungai Cipamingkis dan Sungai Cisarua. Kemudian nama air terjun dipungut dari salah saru nama sungai tersebut.Air terjun Cipamingkis sendiri mempunyai tebing yang tidak terlampau tinggi. Sekitar 10 – 15 meter saja. Para pengunjung juga masih aman untuk menikmati pancuran air terjun maupun bermain air di sekitarnya. Debit air pun lumayan deras, sehingga saat musim kemarau juga masih mengalir. Sedangkan bila musim hujan, air bisa jadi jadi tidak banyak keruh.

Spread the love

Anda mungkin juga suka...

Open chat
Ingin Bertanya?