Paket Wisata Bogor Kawah Gunung Salak

Paket Wisata Bogor Kawah Gunung Salak  detail Avanza Rp 750.000 (include makan supir, bensin, belum termasuk parkir dan tol) kapasitas 6 orang full day

Pesona keindahan lereng dan puncak gunung seakan tak pernah tuntas dieksplore. Dimana masing-masing gunung mempunyai keunikannya sendiri, yang membuatnya tidak jarang kali meninggalkan kesan manis di kenangan ingatan. Bagi penduduk bogor, Kawah Ratu yang sedang di Gunung Salak ialah salah satu daya tarik yang tak bakal pernah mati.Apa saja daya tarik yang menciptakan Kawah Ratu begitu disukai oleh masyarakat ? Berikut ulasannya.Secuil Kisah

Sejarah Sang Kawah Ratu

Dibalik daya tarik keindahannya, Gunung Salak dikenal sebagai area yang terbilang seram dan sekian banyak  kisah mistisnya. Masih ingatkah dengan tragedi jatuhnya pesawat Sukhoi sejumlah tahun silam ? Benar, pesawat itu ditemukan di Gunung Salak yang sering terjadi urusan mistis dan tidak dapat dinalar memakai logika. Meski begitu, minat pengunjung guna menjelajahinya tidaklah surut.

Bahkan jauh sebelum jatuhnya pesawat Sukhoi, sejarah telah mencatat sejumlah tragedi yang jatuh dampak menabrak si Gunung sarat misteri tersebut. Dengan adanya bukti kecelakaan sejumlah kali, masyarakat juga percaya dan mengaitkannya dengan adanya sosok penunggu yang berupa Jin berukuran besar tetapi berwujud bidadari. Namun sampai saat ini, kebenaran itu masih disebutkan mitos tanpa diketahui kebenarannya.Sedangkan guna Kawah Ratunya sendiri, adalah salah satu pos pemberhentian semua pendaki sebelum melanjutkan perjalanan mengarah ke puncak.

Tahukah bagaimaan kawah ini terbentuk ? Pada tadinya kawah ini tidak ada, dan baru terbentuk saat terjadi erupsi yang maha dasyat. Meski dapat disebutkan bila tingkat erupsinya tidak sebesar gunung Anak Krakatau ataupun Gunung Tambora, tetapi efeknya lumayan untuk menciptakan kawah yang cantik.

Daya Pikat Kawah Cantik Gunung Salak Mungkin kita penasaran apa yang menciptakan si kawah satu ini familiar bukan ? Pasalnya Kawfah Cantik ini mempunyai daya pikat tersendiri, dengan adanya sungai mempunyai nama Cikuwulung sebagai penghiasnya. Sungai itu mempunyai panjang dan melintas sampai kurang lebih 1 km.

Wisata  Paket Wisata Bogor Pelabuhan Ratu

Tentu saja perpaduan antara kawah dan sungai tersebut, menghasilkan daya tarik alam yang menciptakan siapapun yang melihatnya tak mau untuk berkedip.

Daya pikat lainnya dari sungai itu yakni warna airnya yang tampak biru tosca. Namun tanpa diduga, kawahnya malah mempunyai warna kekuningan. Tak butuh terkejut dengan gejala tersebut, karena warna kuning tersebut berasal dari endapan belerang yang pada akhirnya menduduki dasar sungai. Mengetahui adanya endapan belerang, pengunjung pun dianjurkan untuk membawa masker supaya bau khas belerang bisa diminimalisir.

Lalu dimanakah letak si Kawah cantik itu ? Anda bisa menemukannya tepat di perut Gunung Salak, yang diduga memiliki elevasi hinga 2.221 mdpl. Lokasi kawahnya sendiri pun berada di pos terakhir sebelum melanjutkan perjalanan mengarah ke puncak. Untuk dapat melihat keindahan kawahnya, tersedia sejumlah jalur yang dapat dipilih.

Titik kesatu yakni di Jalur Bumi Perkemahan Gunung Bunder, yang terletak di Kecamatan Pamijagan, Kabupaten Bogor.Ketika memungut jalur ini, pendaki melulu menempuh jarak tidak cukup lebih selama 5 km saja. Sebab tempatnya memang berdampingan dengan pintu gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Jika dianggarkan kembali, jarak tersebut dapat ditempuh selama 3 sampai 4 jam lamanya. Selama perjalanan mengarah ke kesana, keindahan alamnya yang begitu memukau begitu memanjakan mata.Selama perjalanan, terdapat kalanya kemauan untuk mengabadikan pesonanya tak kunjung padam. Tentu saja dengan adanya pemandangan tersebut, pemanjatan pun terasa lebih mengasyikkan dan tidak terasa begitu berat. Namun kemauan mengambil gambar, tak jarang menjadi mimpi buruk yang menghambat perjalanan guna segera hingga di destinasi utama. Tidak terdapat perasaan menyesal, malah Anda akan diciptakan ketagihan guna melihatnya lagi dan lagi.Lalu bagaimana andai pengunjung hendak menginap ? Tenang saja, pihak pengelola bahkan meluangkan lahan khusus guna area camping. Pada lokasi ini pun dapat menampung tidak sedikit orang, dan menjadi spot untuk menyaksikan fajar saat terbit. Namun butuh diingat andai ini masih sedang di jalur satu, belum dengan daya tarik pada jalur lainnya yang tak kalah estetis untuk dijelajahi.

Wisata  Paket Wisata Bogor Ancol Dufan Seaworld

Pada jalur kedua bakal memalui Pasar Reungit yang sedang di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Berbeda halnya jalur kesatu, dimana jalur kedua ini berada jauh di elevasi yang menjangkau 1.173 mdpl. Hanya saja jalur mengarah ke Kawah cantik tersebut lumayan dekat, yakni berkisar 3,6 km saja yang mungkin melulu membutuhkan waktu selama 2 sampai 3 jam pendakian. Pemandangan di jalur kedua juga tak kalah menakjubkan laksana jalur kesatu.Sedangkan guna jalur saat berada di Bumi perkemahan Cengkuang yang berada di distrik Sukabumi, atau lebih tepatnya sedang di Kecamatan Cidahu. Jika hendak menggunakan jalur ini, pendaki melulu membutuhkan waktu selama 4 sampai 5 jam saja dengan jarak tempuh menjangkau 4, 5 km. Namun jarak tempuh itu dirasa seimbang dengan daya tarik alam yang dapat dilihat sekitar di perjalanan.Tak melulu memandangan tanaman hijau nan segar, tak jarang pendaki akan menyaksikan kera kera berkeliaran di dekat jalur tiga. Namun uniknya, mereka bakal ketakutan saat didekati oleh insan dan ingin bersembunyi di balik pepohonan. Saat menempuh perjalanan, aliran sungai yang begitu estetis menjadi latar belakang si Gunung Salak. Karena pemandangan tersebut terlampau menawan, tidak sedikit dari semua pendaki yang tak tahan guna mengabadikannya.Tips Mendaki Ke Gunung SalakJangan gampang tergiur dengan keindahan alamnya, sampai-sampai melupakan dan mengorbankan keselamatan diri sendiri. Pastikan jadwal pendakian dilaksanakan saat musim kemarau, sebab jalur akses menuju tempat utama bakal terasa lebih licin daripada biasanya. Bahkan sejumlah jalur bakal diterjang banjir sehingga diblokir karena dirasa tidak cukup bersahabat. Tips yang tak kalah urgen untuk diperhatikan, yakni tidak mendekati lokasi kawah ketika camping.Tahukah Anda mengapa pendaki dilarang guna mendekati kawah itu ? Sebab lokasi ini diketahui berisi belerang yang lumayan kuat, yang pasti saja sangat riskan ketika aturan itu dilanggar. Sebab tak melulu membuat tubuh menjadi sakit, tetapi keselamatan diri dapat menjadi taruhannya. Agar lebih aman, silahkan bermalam di lokasi camping yang telah disediakan.

Wisata  Paket Wisata Bogor Cilember Taman Matahari

Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak secara geologis dan topografi adalah bagian dari sabuk gunung berapi yang memanjang dari Pegunungan Bukit Barisan Selatan Pulau Sumatera. Sehingga tak heran di kawasan tidak sedikit ada puncak-puncak gunung dan kawah ratu, laksana yang ada di sebelah Barat area ini yaitu; Gunung Endut Barat (1.297 m dpl.), Gunung Pameungpeuk (1.455 m dpl), Gunung Ciawitali (1.530 m dpl), Gunung Kencana (1.831 m dpl), Gunung Halimun Utara (1.929 m dpl), Gunung Sanggabuana (1.920 m dpl), Gunung Botol (1.850 m dpl).Sedangkan gunung-gunung yang ada disebelah Timur Laut yaitu; Gunung Kendeng Utara (1.575 m dpl) dan di unsur Tenggara ada Gunung Kendeng Selatan (1.764 m dpl), Gunung Panenjoan (1.350 m dpl) dan Gunung Halimun Selatan (1.758 m dpl). Gunung Salak 1 (2211 m.dpl.), Gunung Salak 2 (2180 m.dpl), Gunung Endut Timur (1.474 m. dpl) dan sejumlah gunung kecil lainya laksana gunung Sumbul, Awibengkok, Gagak

Spread the love

Anda mungkin juga suka...

Open chat
Ingin Bertanya?